Langka, Hanya Tiga Kampus Indonesia yang Miliki Jurusan Kriminologi

Belakang ini banyak sekali bermunculan jurusan baru dan menarik di dunia perkuliahan di Indonesia. Seperti jurusan oceanografi, teknik nuklir, astronomi; beberapa jurusan tersebut merupakan jurusan yang langka yang dan hanya ada di beberapa kampus saja.

Kali ini kita akan berkenalan dengan salah satu jurusan yang cukup langka karena hanya ada tiga universitas saja yang menawarkan jurusan ini yakni Jurusan Kriminologi.

Jurusan Kriminologi adalah  jurusan untuk mempelajari ilmu yang berkaitan dengan kejahatan dan bagaimana mengendalikan kejahatan berdasarkan pada penelitian empiris. Selain itu kamu juga akan mempelajari beberapa hal terkait teknik-teknik penyelidikan tindak kriminal, penelitian sosial, rekam sidik jari, reka ulang perkara, olah TKP, dan jejak darah.

Nah berikut ini tiga universitas yang menawarkan Jurusan Kriminologi di Indonesia diantaranya adalah; Universitas Indonesia, Universitas Budi Luhur, dan Universitas Islam Riau. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan di bawah ini.

  1. Universitas Indonesia

Jurusan Kriminologi di Universitas Indonesia merupakan jurusan pertama yang di buku di Universitas yang ada di Indonesia. Jurusan Kriminologi di Universitas Indonesia berdiri pada tanggal 1 September 1962 yang saat ini menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada tanggal 1 Februari 1968. Sebelumnya jurusan ini adalah Lembaga Kriminologi di Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan yang berdiri pada tanggal 15 September 1948.

Saat ini, ada tuju konsentrasi di Jurusan Kriminologi Universitas Indonesia, diantaranya adalah Kriminologi Teoretis, Kepenjaraan, Industrial Sekuriti, Konsentrasi Penegakan Hukum, Cyber Crime, Kriminologi Jurnalistik, dan Kejahatan Transnasional. Jurusan Kriminologi di UI terbukan untuk jenjang sarjana dan pascasarjana atau S1, S2 dan S3. Sedangkan untuk akreditasi Jurusan Kriminologi ini adalah A.

  1. Universitas Budi Luhur

Universitas Budi Luhur merupakan satu-satunya universitas swasta yang menawarkan Jurusan Kriminologi di Indonesia. Jurusan ini berada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Visi dari jurusan ini sendiri adalah menjadi program pengajaran yang unggul dalam bidang Jurnalistik Kriminal (Crime Journalism) dan Kejahatan Cyber (Cyber Crime) yang berbasis pada riset aplikatif yang dapat memberi manfaat bagi masyarakat dengan dilandasi budi pekerti yang luhur. Sedangkan untuk akreditasi Jurusan Kriminologi ini adalah B.

  1. Universitas Islam Riau

Jurusan Kriminologi di Universitas Islam Riau berdiri pada 10 Mei 2005 sesuai dengan Surat Keputusan nomor 1357/D/T/2005 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI). Inisiator dari berdirinya jurusan ini adalah para alumni S2 Kriminologi UI yang merupakan Pengajar/Dosen di Universitas Islam Riau saat itu. Jurusan Kriminologi saat ini berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan merupakan satu-satunya jurusan yang diselenggarakan oleh kampus Islam yang berada di luar Jawa yakni Tepatnya di Pulau Sumatera. Sedangkan untuk akreditasi Jurusan Kriminologi ini adalah B.

Nah itulah seputar informasi terkait universitas yang menawarkan Jurusan Kriminologi. Kamu tidak harus ke luar negri untuk mempelajari Ilmu Kriminologi karena tiga kampus di atas cukup menjadi pilihan kamu untuk belajar dan mengetahui lebih jauh tentang Ilmu Kriminologi.

 

Sumber berita     : Kompas.com & Akupintar.id

Jurnalis               : Alimah Nur Kasanah

Editor                  : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.