Lakukan 6 Hal ini Agar Tidak Menyesal Setelah Lulus Kuliah

 

Menempuh pendidikan di perguruan tinggi harusnya dapat membuat pribadi seseorang menjadi lebih baik dan inovatif. Sebab dalam perkuliahan seseorang akan dituntut untuk serba bisa dan solutif terhadap permasalahan yang dihadapi. Selain itu, pengembangan diri merupakan hal penting yang harus dikembangkan selama berada di perguruan tinggi. Bekal-bekal tersebut sebaiknya dipersiapkan agar dapat menjadi lulusan yang berimbas. Nah, berikut 5 hal yang perlu kamu persiapkan agar dapat menjadi lulusan yang mumpuni!

 

Menjalin Relasi dengan Dosen, Senior, dan Orang Sekitar

Kesempatan bisa datang dari mana saja dan siapa saja. Untuk itu, bangunlah relasi dengan dosen, senior, dan orang-orang disekitarmu. Setelahnya, teruslah jaga relasi itu dengan baik.

 

Membaca Banyak Buku

Membaca buku bukanlah hal yang asing bagi mahasiswa. Selain buku bacaan wajib sesuai dengan jurusan masing-masing, membaca buku pengembangan dan peningkatan diri juga penting untuk para mahasiswa.

 

Bergabung dengan Organisasi

Organisasi merupakan wadah yang mumpuni untuk bisa berkembang bagi para mahasiswa. Bergabung dengan organisasi kemahasiswaan tentu dapat membantu kamu untuk menambah kemampuan, relasi, dan pastinya membantu untuk mengembangkan diri.

 

Belajar Bahasa Asing

Bahasa asing terutama bahasa Inggris menjadi modal penting di era globalisasi seperti saat ini. Tidak hanya untuk berkomunikasi dengan orang-orang diluar sana, namun kemampuan bahasa asing yang baik juga kerap dibutuhkan sebagai syarat bagi beberapa perusahaan yang sedang mencari karyawan.

 

Mengikuti Seminar

Selain di ruang kelas, ilmu juga bisa didapatkan dimana saja termasuk melalui seminar. Saat ini, sudah banyak seminar dengan berbagai topik pembahasan yang diselenggarakan secara gratis. Apalagi sejak masa pandemi COVID-19, berbagai seminar diadakan secara daring (dalam jaringan) sehingga bisa diikuti kapan saja dan dimana saja.

 

Sumber: Seputarkuliah.com

Penulis: Sibakhul Milad Malik

Editor: Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.