Lagi, Tiga Universitas di Yogyakarta ini Menempati Peringkat 10 Nasional Universitas Terbaik Bidang Kemahasiswaan oleh SIMKATMAWA

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu provinsi dengan deretan universitas dan lembaga pendidikan terbanyak dan terbaik di Indonesia, dimana kampus-kampus prestisius di Indonesia terletak di kota yang sama, tidak heran kota ini dijuluki dengan sebutan kota pelajar. Kota ini juga menyediakan banyak sekali fasilitas dan lingkungan sangat mendukung mahasiswa agar nyaman melanjutkan studinya, beberapa diantaranya adalah akses perpustakaan yang bagus dan keberadaan kampus-kampus terbaik. 

 

Jika berbicara mengenai kampus-kampus terbaik, deretan universitas di Yogyakarta pasti selalu muncul didalam daftar, seperti Universitas Gadjah Mada (UGM) yang selalu bertengger di posisi pertama, beberapa diantaranya universitas terbaik di Indonesia versi Unirank 2022 dan bertengger di posisi kedua untuk universitas terbaik versi Webometrics 2021. Deretan Universitas swasta pun tidak kalah, salah satu universitas swasta di Yogyakarta, yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil duduk di posisi 15 nasional untuk universitas terbaik versi Webometrics 2021.

 

Lebih lanjut, berikut deretan universitas terbaik nasional yang berlokasi di Yogyakarta versi Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan atau lebih dikenal dengan SIMKATMAWA, dimana deretan universitas dibawah ini berhasil menduduki 10 besar nasional Universitas terbaik di bidang Kemahasiswaan.

 

1.Universitas Gadjah Mada

Sumber: https://kampusaja.com/wp-content/uploads/2016/12/3_profil-kampus-UGM-Yogyakarta.jpg 

Universitas satu ini memang tidak pernah absen untuk bertengger di posisi teratas, hal ini terbukti dengan selalu berhasilnya Universitas Gadjah Mada atau UGM duduk di posisi satu di beberapa lembaga Survei Universitas terbaik di Indonesia, beberapa diantaranya adalah universitas terbaik versi Unirank 2021 dan universitas terbaik di Indonesia versi QS World Universities Ranking 2022. Universitas ini sekali lagi berhasil menduduki posisi puncak untuk universitas terbaik nasional bidang kemahasiswaan versi SIMKATMAWA.

 

2.Universitas Negeri Yogyakarta

Sumber: https://statik.tempo.co/data/2020/09/17/id_967688/967688_720.jpg 

Universitas selanjutnya yang mendapatkan predikat terbaik nasional adalah Universitas Negeri Yogyakarta atau biasa disingkat UNY. Universitas ini berhasil menduduki posisi lima nasional. Pencapaian ini menjadi bukti bahwa universitas yang dipimpin oleh Sumaryanto ini memiliki mahasiswa dengan segudang prestasi.

 

3.Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Sumber: https://static.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/kampus-universitas-muhammadiyah-yogyakarta-umy-di-yogyakarta-_120903212239-490.jpg 

Universitas selanjutnya yang masuk kedalam jajaran 10 besar nasional adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Hal ini membuat kampus dengan slogan Muda Mendunia itu menjadi satu-satunya universitas swasta yang masuk ke dalam daftar tersebut. 

 

Itulah tiga Universitas yang masuk kedalam daftar universitas terbaik bidang kemahasiswaan versi SIMKATMAWA 2021, penghargaan ini membuktikan bahwa tiga universitas tersebut berhasil mencetak mahasiswa dengan prestasi yang luar biasa baik dari segi akademik, organisasi, dan kegiatan-kegiatan mahasiswa.

Penulis: Sri Indriani Fitri
Editor: Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.