Kreatif! Mahasiswa UMY Hasilkan Pundi-Pundi Rupiah Dari Hobi Foto dan Video

Yogyakarta –  Memiliki hobi adalah hal yang biasa. Akan tetapi akan beda kesannya ketika seseorang dapat menjadikan hobi yang dimilikinya, sebagai peluang dalam menghasilkan pundi-pundi rupiah. Terlebih jika hal ini dilakukan oleh mahasiswa. Selain menjadi penghasilan tambahan untuk jatah uang jajan bulanan, penghasilan tersebut bisa dijadikan sarana membantu meringankan beban orangtua.

Hal ini sebagaimana dilakukan oleh salah satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), R. Abyakto Manggolo Putro. Mahasiswa yang kerap disapa Aby ini merupakan salah satu mahasiswa Jurusan Manajemen UMY Angkatan 2018. Pengalamannya ini berawal dari keisengan hingga akhirnya menjadi hobi yang menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Aby memulai Freelance Fotografi dan Videografi sejak tahun 2018. Hingga akhirnya pada tahun 2018 Aby bergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Release Photography Club UMY (UKM RPC UMY). Kemudian Aby mulai melatih skill nya dengan Hunting Foto dan Video, mengedit Video hasil hunting dan memposting di Instagram pribadinya. “Dulu awalnya jadi fotografer amatiran di seminar sekolah Ibu. Kebetulan Ibuku Guru di Jogja juga. Lama-lama kok jadi suka, akhirnya saya lanjutkan sampai sekarang,” ungkap Aby saat dihubungi Minggu (11/7).

Aby mengaku dirinya memang menggemari dunia Fotografi dan Videografi. Selain itu Freelance Fotografi dan Video dijadikannya peluang untuk melatih skill, minat dan bakatnya. Sebagaimana diharapkan dengan hobi yang dimilikinya saat ini, bisa mengantarkannya bekerja sesuai dengan hobinya. Sehingga dia bisa bekerja bukan karena tuntutan kerja tapi lebih ke arah menikmati karena menyukai. Hingga saat ini Aby sudah memiliki pengalaman menjadi Fotografer dan Videografer dalam acara Wisuda, Wedding, Stage dan Sport. Selain itu dia juga bergabung dalam Tim Pembuatan Profil Bank BRI Bantul, Pembuatan Company Profile UKM hingga mengisi di event-event kampus.

Tidak hanya itu, Aby juga membagikan Tips and Trik bagaimana menjadi mahasiswa sembari Freelance. Yaitu, selalu mengedepankan skala prioritas. Mengingat bahwa kuliah adalah hal yang terpenting. Selalu meletakkan tugas kuliah paling pertama diantara yang lainnya.

 

Reporter : Gina Fauziah

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.