Kenapa Mahasiswa Harus Membaca Buku?!

Titel mahasiswa adalah title yang tidak dimiliki oleh semua orang. Kesempatan menjadi seorang mahasiswa adalah kesempatan langka yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Salah satu hal yang lekat dengan kehidupan mahasiswa adalah budaya akademik. Seorang yang berada dalam dunia kampus disebut dengan civitas academica.

Oleh karena itu, sebagai seorang civitas academica, mahasiswa harus dekat dengan budaya membaca buku. Mari simak alasan mahasiswa harus membaca buku dan manfaat yang akan di dapatkannya.

Pertama, sebagai pertanggungjawaban akademis. Seorang mahasiswa disebut dengan civitas academica. Gelar akademisi dan intelektual melekat dalam titel seorang mahasiswa. Akademisi ataupun intelektual, tentunya sarat akan kekayaan ilmu pengetahuannya. Oleh karena itu, salah satu sumber primer dalam mendapatkan ilmu pengetahuan adalah dengan membaca buku. Baik itu buku cetak ataupun berbentuk digital.

Sebab, dengan membaca buku seorang mahasiswa akan terlatih untuk berfikir kritis dan sistematis. Inilah sebabnya, membaca buku berbeda dengan membaca potongan berita, pesan di Whatsapp, dan ataupun caption postingan di media sosial.

Kedua, membaca adalah sebuah kewajiban. Berangkat dari penjelasan tadi, maka dapat dikatakan bahwa membaca buku bagi seorang mahasiswa adalah sebuah kewajiban. Bagi seorang mahasiswa, membaca buku bukan lagi soal mau dan tidak mau. Ataupun soal suka dan tidak suka. Melainkan adalah sebuah kewajiban. Hal dasar yang perlu dibaca oleh mahasiswa tentunya adalah buku – buku yang berkaitan dengan mata kuliah atau disiplin keilmuannya.

Sebab, penjelasan dosen di kelas saja tidak cukup memungkinkan mahasiswa untuk menguasai bidang keilmuannya. Selain itu, jika berkenan dan akan lebih baik, mahasiswa perlu untuk mendalami lebih banyak lagi bahan bacaan. Baik itu fiksi ataupun non fiksi yang akan memperluas cakrawala berfikirnya.

Ketiga, bekal peran sosial di masyarakat. Sebagaimana yang kita jelaskan di awal, bahwa kuliah adalah kesempatan yang tidak dimiliki oleh setiap orang. Oleh karena itu, sebagai seorang mahasiswa, ia memiliki peran dan tanggung jawab sosial untuk melakukan perubahan di sekitarnya ketika telah lulus. Memberikan kebermanfaatan untuk lingkungan sekitar.

Agar mahasiswa mampu berperan dalam ranah sosial, khususnya memberikan manfaat baik terhadap masayrakat. Tentu ia harus dibekali dengan ilmu pengetahuan. Hal inilah yang membuat mahasiswa wajib untuk membaca buku. Lalu, berfikir untuk menyelesaikan masalah sosial yang ada dengan pengetahuan yang dia miliki nantinya.

 

Penulis : Ramadhanur Putra

Editor : Sakinatudh Dhuhuriyah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *