Kenali Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil

Bagi kalian calon mahasiswa baru pastinya sedang bimbang untuk memilih jurusan, kalian pasti akan bertanya pada kaka kelas yang dianggap memiliki pengalaman lebih dari kalian. Nah, sering dengar ga sih selintingan jika lulusan teknik sipil itu kerjaannya hanya membangun jembatan, bahkan ada juga yang menyebutkan jika jurusan ini tuh prospek nya ya itu – itu saja “menjadi tukang bangunan” wiiihh agak kurang pas sih ya sob .

Ets, tapi jangan khawatir bagi kalian yang memang tertarik dengan jurusan teknik sipil kalian ga akan hanya belajar tentang bangunan loh, nah apa saja sih yang di pelajari di teknik sipil? Gimana sih prospek kerjanya ? simak penjelasan berikut

Yang Harus kalian tahu !!

Jika kalian mengambil jurusan teknik sipil , setidaknya ada empat hal yang harus dipahami

  1. Belajar mengenai infrastruktur secara luas
  2. Jurusan ini memiliki peran penting dalam pembangunan
  3. Belajar memahami dampak pembangunan bagi lingkungan
  4. Belajar tentang ekonomi, hukum hingga desain.

Prospek Kerja

Dari empat hal diatas, tentu saja prospek kerja yang ditawarkan jurusan teknik sipil sangat luas dan vital, apa aja sih ?

  1. Surveyor Pengendali Bangunan

Bertugas untuk memastikan bahwa semua peraturan dan perundang – undangan dalam proses pembangunan telah diikuti. Melakukan pengecekan kualitas bangunan dimulai dari sitem drainase, tanah yang akan dibangun

  1. Konsultan Konstruksi Bangunan

Lulusan teknik sipil bisa menjadi seorang project manager yang bertugas mengawasi, mengatur budget pembangunan serta melihat potensi resiko yang terjadi.

  1. Kontraktor Insinyur Sipil

Sebagai seorang kontraktor, lulusan dari teknik sipil bertugas untuk mewujudkan rencana yang sudah dibuat oleh seorang konsultan menjadi bangunan yang nyata.

  1. Drafter

Bertugas membuat gambar kerja berdasar pada sketsa kasar yang sudah dibuat arstitek dalam sebuah proyek bangunan.

  1. Site Manager

Tugas site manager yaitu bertanggung jawab dalam perencanaan baik secara teknis dan operasioal dalam pengendalian sebuah proyek. Profesi ini juga dikabarkan mendapatkan salary diangka 2 digit.

Nah, gimana nih sob? Semakin tertarik dengan jurusan ini ? Yuk segera tentukan pilihanmu untuk memilih jurusan! Jika kalian masih bingung kalian juga bisa mengunjungi web kampus penyedia informasi tentang jurusan ini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.