Kemendikbud Ristek Targetkan 17.000 Mahasiswa Ikuti Program Kampus Mengajar Angkatan 2

Kemendikbud Ristek kembali membuka pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan 2. Hal ini didasari dengan suksesnya program Kampus Mengajar Angkatan 1 yang telah dilaksanakan selama 3 bulan. Dengan jumlah mahasiswa yang terdaftar pada program ini adalah sebanyak 14.000 lebih mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi  di Indonesia yang memenuhi persyaratan. Para mahasiswa ditempatkan di Sekolah Dasar yang masih terakreditasi C pada domisilinya.

Jika sebelumnya program Kampus Mengajar Angkatan satu ditempatkan di SD saja maka berbeda dengan Angkatan 2. Sasaran program Kampus Mengajar Angkatan 2 adalah Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah 3T (tertinggal, terluar, dan terdepan).

Jumlah kuota mahasiswa yang akan mengikuti program Kampus Mengajar Angkatan 2 ini pun akan ditambah menjadi 17.000 mahasiswa yang akan diterjunkan ke 3.400 SD. Selain itu pada program ini juga nantinya 3000 mahasiswa akan ditempatkan ke 375 SMP di 34 Provinsi. Hal ini diinformasikan oleh Aris Junaidi, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti dalam Sosialisasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 ke Perguruan Tinggi di Wilayah Timur pada Selasa (29/6/2021).

Nantinya tugas para mahasiswa yang terpilih dalam program Kampus Mengajar Angkatan 2 adalah membantu pembelajaran di sekolah-sekolah yang sudah ditetapkan. Dengan harapan dapat memberikan adaptasi teknologi yang sesuai untuk sekolah tersebut, dan memberikan pembaharuan untuk pengajaran. Selain itu mahasiswa juga dapat membantu administrasi dan manajerial sekolah.

Mahasiswa juga diharapkan dapat menjadi duta edukasi perubahan perilaku di masa pandemi dan mempromosikan materi profil pelajar Pancasila. Pendaftaran program Kampus Mengajar Angkatan ke 2 dengan registrasi administrasi melalui aplikasi Web https://kampusmerdeka.kemendikbud.go.id.

 

Sumber berita     : YouTube KEMENDIKBUD RI

Reporter             : Alimah Nur Kasanah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.