Kemampuan Wajib Content Creator

Dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai apa itu content writer dan jenis-jenisnya. Kali ini kita akan membahas mengenai kemampuan atau skill apa saja yang harus ada dan dikuasai oleh seorang content writer. Seperti yang kita tahu bahwa seorang penulis bisa menulis dengan baik jika mereka mempunyai banyak referensi dan wawasan.

Selain wawasan yang luas, berikut skill yang wajib dimilik oleh seorang content writer agar dapat membantunya bekerja secara maksimal dan efektif.

1. Riset

Seorang content writer tentu harus memiliki sense of riset yang baik, hal ini akan sangat membantu mereka jika harus menuliskan sebuah artikel atau berita yang membutuhan banyak informasi. Dengan memiliki sense of riset yang baik, maka kamu akan dapat menciptakan karya yang baik dengan hasil eksplorasi yang berkualitas.

2. Dasar SEO

Google sering kali jadi saluran distribusi utama kontenmu. Posisi nomor satu di hasil pencariannya selalu diidam-idamkan para penulis konten. Agar kontenmu bisa masuk ke daftar pencarian teratas tanpa harus membayar iklan, kamu harus mengerti dasar SEO bekerja.

3. Creative Thinking

Kemampuan yang satu ini tentu tidak bisa diganggu gugat sama seperti poin pertama. Seberapa kreatifnya kamu akan mempengaruhi gaya bahasa atau cara penyampaian kamu kepada audiensmu. Creative thinking ini juga sangat bisa membantumu untuk menentukan sebuah topik dengan mudah. Salah satu cara agar bisa mengasah pemikiran kreatif dengan cara perbanyak membaca, referensi, dan juga riset.

4. Gaya Kepenulisan

Tak sekadar merangkai kata, kamu juga wajib memahami ragam teknik gaya kepenulisan, karena penggunaannya ternyata berbeda-beda. Beda platform, beda informasi yang disampaikan tentu saja beda gaya kepenulisannya. Untuk menjadi content writer yang handal tentunya kamu harus mampu menguasai semua gaya kepenulisan dan kamu juga harus bisa memilih penggunaan teknik yang tepat.

5. Tools

Siapa bilang seorang content writer tidak memerlukan tools khusus untuk membantu pekerjaanya? Justru seorang content writer memiliki banyak tools seperti generator topik, content management system, riset keyword, dan analytic.

Bagaimana, apa kamu tertarik untuk menjadi seorang content writer? Selain dituntut untuk mempunyai kemampuan di atas, kamu juga di tuntut untuk harus selalu bisa dan bersedia brainstorming setiap harinya untuk menentukan topik dari sebuah konten.

 

Penulis : Idhea Cantika

Editor : Sakinah

 

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.