Kamu Wajib Tahu, Kebiasaan Ini Bikin Efek Samping Tidak Baik Bagi Sistem Kerja Otakmu!

Hidup sebagai mahasiswa yang terpisah jauh dari pantauan orang tua di tanah rantau, pasti membuat kamu kurang memperhatikan kebiasaan hidup kamu bukan? Beberapa kebiasaan mahasiswa yang sering dijumpai ternyata memberikan efek samping yang kurang baik bagi tubuh. Kebiasaan ini berupa :

1. Menjadi Mahasiswa Kelelawar

Kebiasaan ini adalah kebiasaan yang sangat-sangat sering dijumpai. Hidup seperti kelelawar artinya kamu banyak menghabiskan waktu kamu untuk begadang. Tidur di larut malam, dapat memicu turunnya imun tubuh. Selain itu mengakibatkan tubuh cenderung mudah kelelahan dan akhirnya kemampuan berkonsentrasi menurun. Sistem kerja otak pun menjadi lambat akhirnya.

Dengan begitu, untuk belajar dengan baik menyerap pelajaran akan menjadi lebih sulit. Sebab kurangnya waktu istrahat di malam hari.

2. Terlalu banyak makan

Kebiasaan ini nyatanya sering tidak disadari dan cenderung disepelekan. Terlalu banyak makan dapat menyebabkan tubuh yang membesar dan parahnya akan mengakibatkan obesitas. Selain itu ketika kita sering makan terlalu banyak, maka secara otomatis banyak kalori yang terserap dengan tidak baik, selain itu akan membuat kita akan kehilangan memori di dalam otak.

Misalnya, mungkin kamu pernah mengalami hal ketika kamu selesai makan kamu merasa mengantuk. Akhirnya, kamu kurang konsentrasi saat mengerjakan tugas atau menyimak pelajaran. Maka dari itu kamu harus bisa mengontrol porsi makan kamu, selain agar tubuh tetap langsing juga untuk kesehatan sistem kerja otak.

3. Stress Syndrome

Dalam lingkungan mahasiswa memang sering terjadi, apalagi bagi lingkungan mahasiswa akhir yang setiap hari selalu berkeluh kesah dengan dunia skripsi dan revisi. Maka tentu akan sangat mudah terkena stress.

Tidak hanya dapat membunuh sel-sel otak, stres juga bisa membuat kemampuanmu untuk belajar dan mengingat menjadi sulit. Maka kamu harus perbaiki kondisi mood kamu secara teratur. Agar terhindar dari segala hal yang rentan membuatmu stres. Maka dari itu, kamu harus meminimalisir segala hal yang dapat membuat kamu stress.

4. Mageran

Bukan hal yang aneh bukan? Mager hal yang sangat familiar dalam tatanan kehidupan. Untuk kamu yang mungkin belum tahu apa itu Mager, Mager adalah singkatan dari males gerak. Mungkin bisa diartikan malas.

Kebiasaan mager yang sering dilakukan tersebut, adalah kebiasaan yang tidak baik untuk mental. Sebab kebiasaan tersebut akan menghambat sirkulasi metabolisme tubuh. Bahkan dampaknya bisa membuat tubuh membesar, akhirnya tubuh kita pun semakin kurang bergerak dengan baik.

 

Penulis : Gina Fauziyah

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.