Kamu Mahasiswa? Kenali Gaya Belajarmu Untuk Permudah Proses Perkuliahan!

Belajar adalah aktivitas turun temurun sejak kita kecil hingga dewasa. Sebelum menjadi mahasiswa pun kamu sudah belajar. Akan tetapi, hingga saat ini kamu menjadi mahasiswa, sudahkah kamu tahu ternyata belajar punya banyak jenisnya. Maka dari itu, yuk kenali gaya belajar kamu, agar proses perkuliahanmu semakin mudah dan lancar.

1. Visual Learner

Gaya Belajar seperti ini adalah mereka yang belajar dengan cara fokus pada hal yang dilihat. Artinya, belajar melalui penglihatan memahami informasi dengan lebih baik ketika disajikan secara visual. Jika kamu sedang mengikuti perkuliahan di kelas, kemudian ketika dosen menjelaskan kamu secara reflek mencoret-coret buku, harus melihat dosen saat menjelaskan, maka kamu temasuk mahasiswa Visual Learner. Power point, papan tulis dan wajah dosen adalah kunci dari kamu untuk memahami materi kuliah.

2. Auditory Learner

Mahasiswa dengan gaya belajar auditori, cenderung belajar lebih baik ketika materi pelajaran diperkuat oleh suara. Ketika mengikuti perkuliahan di dalam kelas mereka lebih suka mendengarkan penjelasan dosen daripada membaca catatan tertulis. Selain itu, mereka mungkin lebih lambat dalam membaca. Sebab mahasiswa ini sedikit kesulitan saat harus membaca jurnal yang banyak. Mereka lebih menyukai dan mudah memahami dengan mendengar.

3. Kinestetik Learner

Mahasiswa ini mereka yang belajar dengan beraktivitas. Kamu dapat mengenalinya dengan melihat mereka yang ketika di dalam kelas, mendengarkan dosen dengan menghentakkan sepatunya. Selain itu biasanya apabila menggunakan kursi yang dapat berputar, mereka akan mendengarkan penjelasan materi dengan kursi yang bisa diputar.

Itu dia tiga gaya belajar yang bisa kamu kenali. Semoga artikel ini membantu kamu untuk lebih mengenali apa gaya belajar kamu.

 

Penulis : Gina Fauziyah

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.