Kamu Hobi Kulineran dan Suka Makan? Coba Daftar Jurusan Berikut!

Pendaftaran universitas sebentar lagi mungkin benar-benar selesai untuk Tahun Akademik 2021/2022 ini. Sementara Kamu mungkin masih bingung harus masuk jurusan apa. Terlebih kamu merasa ingin masuk jurusan sesuai dengan hobi kamu. Bila hobimu adalah kuliner dan makan, jangan khawatir ternyata ada loh jurusan yang cocok buat kamu! Mari simak!

1. Jurusan Tata Boga

Pada jurusan ini kamu akan belajar mengolah berbagai hidangan dari daerah dan negara. Misalnya masakan Barat, masakan Cina, masakan Timur Tengah, masakan Italia, dan masakan Nusantara. Tidak hanya belajar mengolah makanan, tapi kamu juga akan belajar bagaimana meracik minuman dan mempelajari cara menghidangkannya. Prospek kerja dari jurusan ini adalah menjadi Chef, Baker dan mendapatkan peluang bekerja di Hotel, Restaurant dan sejenisnya. Jurusan ini juga sudah ada di Indonesia, seperti di Universitas Negeri Jakarta.

2. Jurusan Baking and Pastry Art

Jurusan ini cocok bagi kamu pecinta Dessert, seperti Cake,Pastry dan roti-rotian. Jurusan ini akan banyak mengajarkan kamu dalam membuat dan menggunakan tehnik dalam pembuatan dessert. Selain cita rasa, tampilan yang indah juga menjadi perhatian utama dalam pembuatan kue, cake, dan dessert di jurusan ini. Kemudian, untuk prospek kerjanya adalah Restaurant dan Hotel-hotel. Tidak hanya itu, ternyata jurusan ini juga ada di Yogyakarta, yaitu di Universitas Negeri Yogyakarta. Tapi, jangan khawatir karena jurusan ini tersebar di Indonesia.

3. Jurusan Gizi

Sesuai dengan namaya, jurusan ini meneliti tentang kandungan gizi makanan. Jurusan ini juga adalah bidang kuliner yang lebih dekat dengan sains. Namun, siapa sangka prospek kerja lulusan jurusan Gizi sangatlah besar. Lulusan Ilmu Gizi biasanya berada di Rumah Sakit yang ditugaskan untuk merencanakan menu pasien, dan juga memperhitungkan kandungan gizi dari menu yang dibuat.

4. Jurusan Seni Kuliner

Di jurusan ini kamu akan belajar tentang teknik memasak makanan, termasuk juga bahan-bahannya, proses pengolahannya, hingga penggunaan mesin industri dari berbagai negara di dunia. Menariknya, dari jurusan ini kamu juga akan belajar bagaimana menyajikan makanan. Sehingga makanan tersebut dapat terlihat menarik dan menggugah selera bagi yang melihatnya.

5. Jurusan Management Culinary

Mengelola usaha kuliner adalah inti dari jurusan ini. Mengapa? Karena kamu akan belajar tentang membuat menu baru, menciptakan menu yang sedang diminati pasar kuliner, dan sebagainya. Biasanya lulusan jurusan ini banyak menjadi Food Consultant yang berperan untuk menjaga kualitas dan rasa makanan sebelum disajikan ke pelanggan.

 

Penulis : Gina Fauziyah

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.