Kamu Harus Tahu, Perbedaan Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer

Rumpun teknologi informasi kini kian digandrungi dan memiliki banyak peminat. Saat ini, banyak calon mahasiswa baru yang tertarik mengambil jurusan kuliah sistem informasi, teknik informatika, dan teknik komputer. Meskipun begitu, ternyata masih banyak mahasiswa baru yang belum mengetahui letak perbedaan antara ketiga jurusan kuliah tersebut. Ayo simak terlebih dahulu ketiga perbedaan jurusan tersebut agar kamu tidak salah pilih jurusan ketika kuliah.

Perbedaan mendasar dari ketiga disiplin ilmu tersebut, yaitu teknik infomatika yang fokus pada pengembangan sistem berbasis komputer dengan kemampuan pemrograman, kecerdasan buatan dan jaringan komputer. Sementara sistem informasi fokus pada pengolahan informasi dalam pengembangan proses bisnis menjadi sistem yang efisien dan efektif. Adapun teknik komputer fokus dari merancang, membangun, implementasi, dan memelihara software dan hardware.

Mata kuliah yang dipelajari jurusan teknik informatika yaitu perhitungan algoritma, bahasa pemprograman, pengembangan aplikasi, dan perangkat lunak. Lulusan teknik informatika umumnya akan mendapat gelar S.T. (Sarjana Teknik). Untuk prospek kerja, lulusan teknik informatika bisa menjadi ahli pemrograman, pembuatan aplikasi dan artificial intelligence, serta pengembangan aplikasi.

Sementara di jurusan sistem informasi mempelajari bahasa pemprograman, pengembangan sistem, dan manajemen. Mahasiswa jurusan sistem informasi dituntut memiliki kemampuan merancang, mengembangkan, dan menerapkan sebuah sistem informasi. Lulusan jurusan ini akan mendapatkan gelar S.SI. (Sarjana Sistem Informasi). Lulusan sistem informasi akan bekerja pada bagian pengembangan sistem, implementasi sistem informasi, dan maintenance sistem.

Jurusan teknik komputer akan lebih banyak belajar bagaimana perancangan, pembangunan komputer, dan sistem berbasis komputer. Adapun topik yang dipelajari seperti perangkat keras, perangkat lunak, sistem komunikasi, serta interaksi antara semua elemen tersebut. Lulusan teknik komputer kebanyakan bergelar S.T. (Sarjana Teknik). Lulusan jurusan teknik komputer nantinya bisa bekerja sebagai System Engineer, Network Engineer, Embedded System Engineer, R&D Engineer, Robotics Engineer, Control Engineer, dan IT Consultant.

 

Penulis : Indri Fahra Febrina

Editor : Sakinah/Uke

Share this Post

Mungkin Anda Tertarik !

Academia

Stereotype Mahasiswa Pertanian

Stereotype atau pelabelan seringkali diberikan oleh banyak orang ketika sebagian orang mulai melihat pola yang kerap terjadi di lingkup hidup mereka. Salah satu stereotype yang

Read More »
Berita

5 Universitas Swasta Terbaik

Universitas Swasta Terbaik berikut ini bisa menjadi rekomendasi bagi kalian yang berencana melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Penilaian ini berdasarkan dari peringkat Webometrics yang sudah

Read More »
Campus Abroad

Kupas Tuntas Program Fulbright AMINEF

American Indonesian Exchange Foundation atau lebih dikenal dengan sebutan AMINEF adalah organisasi yang menyediakan banyak sekali program-program terkait pendidikan ke Amerika Serikat. Organisasi ini didanai

Read More »