Kamu Harus Tahu, 5 Kampus Tertua di Indonesia!

Meskipun Indonesia baru saja merdeka di tahun 1945 ternyata Indonesia memiliki universitas-universitas yang terbilang tua loh! Sejarah dibangunnya universitas-universitas ini pun sejak zaman Kolonial Belanda. Nah ini dia beberapa universitas tua yang berdiri sebelum kemerdekaan Indonesia.

1. Universitas Indonesia – Jakarta

Sumber : detik.com

Universitas yang satu ini terletak di Jakarta. Berdiri pada tahun 1851 yang awalnya universitas ini adalah tempat untuk belajar ilmu kedokteran dengan nama Dokter-Djawa School pada masa Kolonial Belanda. Kemudian pada tahun 1898 nama Dokter-Djawa School berubah menjadi School tot Opleiding van Indische Artsen (School of Medicine for Indigenous Doctors) atau dikenal juga sebagai STOVIA.

Pada tahun 1950 barulah universitas ini mengubah namanya menjadi Universiteit Indonesia. Pada waktu itu UI berlokasikan di tiga tempat, yakni Salemba, Pegangsaan Timur dan Rawamangun. Barulah pada tahun 1987 UI memiliki kampus di Depok, Jawa Barat. Sedangkan nama Universitas Indonesia sendiri baru resmi digunakan pada tahun 1955, setelah Undang-Undang No. 10 tentang pengubahan kata universiteit, universitet, dan universitit disahkan. Hingga kini, melihat sejarah yang begitu panjang UI merupakan salah satu universitas tertua di Indonesia.

2. Universitas Airlangga – Surabaya

Sumber : kampusimpian.com

Universitas ini sudah dibangun sejak 1894 yang awalnya bernama Nederlandsch Indische Artsen School (NIAS), sebuah sekolah pendidikan dokter pribumi di Surabaya. Sekolah pendidikan dokter inilah yang menjadi awal berdirinya Fakultas Kedokteran Unair.

Universitas ini sendiri resmi berdiri pada 10 November 1954. Universitas Airlangga merupakan salah satu kampus tertua di Indonesia yang saat ini telah berkembang pesat dan sekarang menempati tiga lokasi yang berbeda, yaitu kampus Unair A, B, dan C.

3. Institut Teknologi Bandung

Sumber : https://www.itb.ac.id/

Institut Teknologi Bandung sudah berdiri sejak 1921. Berdiri di lahan seluas 30 hektar dengan nama awal de Technische Hoogeschool te Bandung (TH) di Bandung. Kampus ini semula adalah universitas swasta baru setelah 1924 kampus ini berubah menjadi kampus milik pemerintah Belanda.

Hingga saat ini ITB merupakan salah satu kampus top yang ada di Indonesia dan juga telah memiliki ribuan alumni yang keren-keren salah satunya mantan presiden ke-3 yakni BJ. Habibie.

4. Institut Pertanian Bogor

Sumber : https://www.ipb.ac.id/

Kampus ini berdiri sejak 1940 dengan nama awal Faculteit van Landbouwwetenschap (Fakultas Ilmu Pengetahuan Pertanian) di Bogor pertama kali. Namun, pada masa pendudukan Jepang (1942-1945), perguruan tinggi atau Fakultas Pertanian ditutup. Namun pada 1946 Pemerintah Belanda mendirikan Nood Universiteit (Universitas Darurat), salah satunya memiliki Landbouwkundige Faculteit (Fakultas Pertanian).

Akhirnya, Nood-Universiteit berganti nama menjadi Universiteit van Indonesie. Pada tahun 1952 dilakukan peletakan batu pertama gedung Fakultas Pertanian, di Baranangsiang, Bogor.

Pada tahun 1963 IPB resmi berdiri berdasarkan Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Republik Indonesia Nomor 91 Tahun 1963. Saat itu IPB terdiri dari lima fakultas, yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan, Fakultas Peternakan, dan Fakultas Kehutanan.

5. Universitas Islam Indonesia

Sumber : https://www.uii.ac.id/

Universitas Islam Indonesia (UII) merupakan salah satu kampus swasta tertua yang ada di Indonesia. UII berdiri pada tahun 1945. Keberadaan kampus ini pun di Jakarta dengan nama sekolah tinggi (Sekolah Tinggi Islam). Pada tahun 1946 membuka kampus di Yogyakarta dan nama STI berubah menjadi Universitas Islam Indonesia (UII) pada 1947 yang terdiri dari Fakultas Agama, Fakultas Hukum, Fakultas Pendidikan, dan Fakultas Ekonomi.

Nah itu dia 5 kampus tertua yang ada di indonesia. Apakah salah satunya merupakan kampusmu?

 

Sumber : https://akupintar.id/ & https://kumparan.com/

Reporter : Alimah Nur Kasanah

Editor : Sakinah/Uke

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.