Jurusan Ini Hanya Ada Satu di Indonesia

Mendaftar di Program Studi atau Jurusan yang unggul adalah mimpi seluruh calon mahasiswa. Mungkin ketika masuk dalam jurusan kedokteran, menjadi sesuatu yang cukup membanggakan. Namun, siapa sangka ada jurusan yang sangat bergengsi. Dimana setelah berkuliah kamu akan langsung ditawarkan lapangan pekerjaan di berbagai instansi. Bahkan Uniknya, jurusan ini ternyata hanya ada satu di Indonesia.

Prodi Pemerintahan Integratif (PIN) tepatnya di Universitas Mulawarman Kalimantan Timur. Universitas ini biasa disebut UNMUL untuk sapaan akrabnya. Berikut fakta tentang Jurusan PIN yang harus kamu ketahui :

  1. Sistem Pembelajaran Seperti Sekolah Kedinasan

Dalam sistem perkuliahan, mahasiswanya dilatih bak sekolah kedinasan. Seperti, sebelum dan sesudah memulai perkuliahan, perizinan, memulai seluruh aktivitas menggunakan sistem ‘Apel’ atau Upacara penghormatan.

  1. Perkuliah Sistem Pemerintahan

Mahasiswa mengikuti perkuliahan layaknya dunia pemerintahan. Dimana dunia pemerintahan tersebut dikemas dalam dunia organisasi. Kemudian dibagi dalam parlemen-parlemen layaknya pemerintahan.

  1. Tidak memakai Almamater Kampus

Jurusan PIN hadir dengan dinaungi Universitas Mulawarman. Biasanya setiap kampus memiliki almamater atau seragam kampus. Dimana almamater setiap kampus memiliki warna yang berbeda-beda. Namun, Berbeda dari jurusan pada umumnya, PIN memiliki almamater sendiri. Diantaranya, Pakaian Dinas Harian (PDH), PDL (Pakaian Dinas Lapangan) dan Pakaian Dinas Upacara (PDU). Seragam tersebut digunakan setiap melaksanakan perkuliahan. Sangat berbeda bukan dengan jurusan lainnya, dimana mahasiswa bebas menggunakan pakaian apa saja saat kuliah setiap harinya.

  1. Menggunakan Sistem Senioritas

Hubungan antar mahasiswa setiap angkatan di kampus, pada umumnya berjalan layaknya teman tapi tetap saling menghormati. Hal unik dari PIN, mereka menggunakan sistem senior dan junior. Senior harus dihormati dan junior harus tunduk pada senior. Hal ini menjadi tradisi bahkan regenerasi sejak dulu hinga saat ini. Seorang senior biasanya melatih junior atau mendampingi saat perkuliahan, maka tak salah junior biasanya takut pada senior.

  1. Aturan Hidup hingga tata cara menyapa diatur

Mahasiswa PIN wajib tinggal di asrama PIN selama 4 tahun. Selain itu, berat badan mahasiswa PIN juga harus ideal mengikuti aturan kesehatan, mengikuti semua perintah, wajib menyapa senior saat bertemu, dengan menyapa dengan hormat, ucapan selamat pagi/siang/sore atau malam dan diakhiri dengan “Siap Kak”.

 

Penulis : Gina Fauziyah

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.