Jurusan Aktuaria: Prospek Masa Depan dan Hal yang Pelajari

(taken from idntimes.com)

 

Jurusan Aktuaria saat ini tengah naik pamornya. Namun, di kalangan masyarakat awam jurusan ini belum seterkenal jurusan lain seperti akuntansi, kedokteran, Pendidikan, manajemen, dan jurusan lain. Jurusan Aktuaria, dilansir dari beberapa sumber, mempelajari actuarial science atau ilmu yang merancang solusi dari permasalahan dan pengelolaan resiko pada industri asuransi, dana pensiun, jaminan sosial, investasi, perbankan, serta industri lain. Melihat hal tersebut, dapat dikatakan bahwa jurusan Aktuaria mempelajari hampir semua hal yang berkenaan dengan perhitungan pada bidang ekonomi dan manajemen. Oleh karenanya jurusan ini merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang berminat pada hal-hal berbau perhitungan, probabilitas, dan perhitungan.

Setelah lulus, para lulusan dari jurusan ini memiliki opsi untuk langsung bekerja atau mengambil kuliah profesi untuk menjadi seorang aktuaris. Profesi aktuaris di Indonesia tergolong sangat dibutuhkan utamanya pada industri asuransi dan industri bidang keuangan lainnya. Cakupan pekerjaannya pun cukup luas dan gaji yang ditawarkan cukup menjanjikan.

Baru-baru ini, Indonesia dikabarkan mengalami krisis tenaga ahli aktuaria. Saat ini, pemerintah telah mewajibkan setiap perusahaan khususnya asuransi untuk memiliki minimal satu orang aktuaris. Di Indonesia, hanya ada lima kampus yang membuka dan menerima mahasiswa pada jurusan aktuaris. Kelima kampus terebut diantaranya; Universitas Indonesia (UI), IPB University, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjadjaran (unpad), dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

 

Source   : https://www.ruangguru.com

Penulis  : Sibakhul Milad Malik

Editor    : Aisyah Wahdania

Share this Post

Mungkin Anda Tertarik !

After Campus

Daftar Program Kampus Merdeka Yang Patut Kamu Coba

Sumber: https://www.its.ac.id/wp-content/uploads/2021/10/kampus-merdeka.png   Sistem pendidikan tinggi di Indonesia sedang gencar-gencarnya menerapkan perubahan sistem, dimana tujuan inti dari perubahan tersebut adalah agar tercetaknya lulusan-lulusan yang memiliki

Read More »
Berita

5 Universitas Swasta Terbaik

Universitas Swasta Terbaik berikut ini bisa menjadi rekomendasi bagi kalian yang berencana melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Penilaian ini berdasarkan dari peringkat Webometrics yang sudah

Read More »