Jenis-Jenis Interview dan Tips yang Harus Kamu Tahu

Mungkin beberapa dari kalian sewaktu magang ada yang melewati proses interview dan ada yang tidak. Kalau kamu yang melewati tahap interview mungkin hanya melewati 1 jenis interview aja yaitu interview dari HRD, SDM, atau mungkin penanggung jawab magang.

Namun, untuk jenjang lebih tinggi seperti lamaran pekerjaan, ada 3 bahkan sampai 5 tahapan interview yang harus kamu lewati. Apa aja itu, tujuannya apa, dan bagaimana tipsnya?

1. Interview HRD

Dalam interview ini biasanya HRD akan mengkonfirmasi isi data dari CV yang telah kamu berikan kepada perusahaan yang kamu kirim untuk selanjutnya menilai kepribadian, kelebihan, dan kekurangan kamu. Tidak hanya itu, ternyata dalam tahap ini, kamu juga dinilai apakah culture kerja kamu cocok atau nggak untuk perusahaan tersebut.

Tipsnya : Kamu bisa jelaskan kepribadian kamu dan seberapa cocoknya kamu untuk posisi tersebut secara rinci dan mendalam jangan hanya mengulang apa yang ada di CV kamu

2. Interview User

Tujan dari interview user ini untuk mengetahui apakah kita memiliki kapasitas teknis dan juga pengalaman sesuai dengan posisi yang kita apply.

Tipsnya : Kamu bisa memperbanyak membaca dan mempelajari hal tentang pekerjaan impian kamu.

3. Interview Head of Division/Direktur

Sebenarnya nggak banyak perusahaan yang menerapkan sistem interview dengan direktur mengingat jam terbang mereka yang tinggi, namun sebagai gantinya kadang diganti interview dengan kepala divisi. Dalam tahap ini biasanya lebih membahas/test yang berhubungan dengan soft skill yang kamu punya.

Tipsnya : Kamu bisa memperdalam soft skill kamu yang berkaitan dengan decision making, negotiation, strategic management, communication skill.

Terkadang, dalam interview tahap 3 mereka sudah mulai membahas mengenai offering letter atau surat penawaran pekerjaan yang biasanya berisi peraturan (kontrak), besaran gaji dan tunjungan yang akan kita terima nantinya atau bahkan kamu akan diminta untuk medical check up hal ini berhubungan dengan syarat umum perusahaan dimana calon karyawannya harus bebas narkoba dan juga obat-obatan terlarang.

Selain itu, ada juga beberapa perusahaan yang mengharuskan kamu interview sebanyak 5 kali bahkan lebih. Contohnya di stasiun televisi, di samping kamu interview dengan 3 orang di atas kamu juga akan di-interview oleh manager divisi sebelum HoD dan juga calon rekan satu tim kamu nantinya.

 

Penulis : Idhea Cantika

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.