Jangan Sampai Terlewat, Beasiswa Unggulan Kemdikbud 2022 Sudah Dibuka!

Beasiswa Hunters, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan beasiswa ini. Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah program beasiswa dalam negeri untuk mahasiswa sarjana, pascasarjana, dan doktoral. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia Indonesia dengan mendukung proses belajar mengajar, baik di tingkat Sekolah Dasar, Menengah maupun di universitas.

Nah, kabar baiknya, beasiswa ini menawarkan kuota yang cukup besar pada pembukaan tahun ini yakni mencapai lebih dari 130 kuota penerima. Jika melihat jumlah penerimanya, kalian tidak perlu khawatir guys. Sebab, beasiswa unggulan memiliki sebuah keunikan tersendiri. Hal ini bisa terjadi karena besaran Dana Beasiswa Tinggi juga berasal dari Perbendaharaan dan Pusat Studi Tenaga Kerja Asing (BLKLN). Dengan demikian, dengan adanya kelebihan dana Kementerian Keuangan, diharapkan dapat terjadi peningkatan kuota beasiswa berprestasi dan sebaliknya. Oleh karena itu, jangan heran jika pelamar yang sebelumnya tidak memenuhi persyaratan dapat diminta untuk menandatangani kontrak lagi, yaitu lulus.

Berbicara mengenai manfaat beasiswa unggulan ini, sudah tidak diragukan lagi guys. Sebab, kuliah kalian akan dicover oleh pemerintah sampai kalian memakai toga. Tidak hanya itu, kalian juga akan diberikan uang saku bulanan, kebutuhan buku, penelitian, sampai kebutuhan tempat tinggal kalian selama menjadi penerima beasiswa ini.

Untuk syaratnya, dilansir dari Kompas.tv, ada beberapa syarat yang harus dilengkapi yang terbagi menjadi dua syarat utama, umum dan khusus. Untuk syarat umum sendiri, adalah persyaratan wajib bagi semua pendaftar di semua jenjang. Sedangkan pada syarat khusus, peserta akan dibagi sesuai jenjang pendidikannya. Adapun syarat umum dari beasiswa unggulan adalah

  • Diutamakan memiliki sertifikat yang membuktikan prestasi akademik/nonakademik tingkat internasional dan/atau nasional.
  • Mendapatkan rekomendasi dari institusi terkait.
  • Tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari sumber APBN dan/atau APBD dengan komponen pembiayaan yang sama.
  • Diterima di Perguruan Tinggi dalam negeri di bawah binaan Kemdikbudristek dengan akreditasi institusi dan program studi paling rendah B/Sangat Baik.
  • Mahasiswa aktif dan terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti).

Untuk syarat khususnya, kalian bisa langsung saja check di sini guys. Jangan sampai terlewat ya karena pendaftaran terakhir akan ditutup pada 22 Oktober 2022. Yuk persiapkan mumpung masih ada waktu, jadilah awardee beasiswa favorit ini. Semangat kalian, beasiswa hunters!\

 

Sumber: Kompas.tv, gokampus.com, dan detik.com

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *