Jangan Sampai Kamu Nggak Tahu Istilah Ini !

Siapa yang sering mendengarkan kata “SOP” tapi sampai saat ini belum tahu arti maupun kepanjangan dari kata tersebut? Hayo ngaku!

Sebagai freshgraduate yang sedang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan sesuai impian, tentu saja ini menjadi hal yang perlu kamu ketahui. Jangan sampai, saat HRD kamu menjelaskan “SOP” kamu iya-iya aja tanpa tahu apa arti di balik “SOP”. Berikut singkatan di dunia kerja yang mungkin perlu kamu tahu agar terlihat professional dan cerdas!

1. SOP

Malang melingtang dalam ingatan tapi kita nggak tahu apa arti sebenarnya, hehe. SOP adalah Standart Operationa Procedures, dalam Bahasa Indonesia kita menyebutnya dengan “peraturan kerja yang wajib dipatuhi” . Contoh : Maaf pak, pekerjaan yang bapak minta tidak sesuai dengan SOP perusahaan, jadi saya tidak bisa melakukannya.

2. KPI

Kalau di dunia pertelevisian atau penyiaran, KPI mempunyai arti sebagai Komisi Penyiaran Indonesia, tapi ternyata dalam dunia perkantoran ada juga istilah KPI dengan artian Key Performance Indicators atau target kerja yang wajib dicapai atau ditetapkan pada awal tahun. Terlebih jika nanti kamu terjun di bidang sales and marketing, pasti kamu sering bertemu dengan istilah ini meski tidak menutup kemungkinan untuk sales and marketing saja, karena dalam dunia kerja, pasti ada target yang harus kamu capai.

3. PFA

Istilah yang agak asing mungkin untuk sebagian orang, tapi istilah ini cukup populer, tapi ini hanya bisa digunakan untuk sesama rekan kerja saja atau dari atasan ke anak buah tidak untuk sebaliknya, meskipun tidak menutup kemungkinan tetap bisa digunakan juga. PFA adalah Please Find Attach atau instruksi untuk memeriksa lampiran. Istilah ini sering digunakan untuk email atau beberapa platform yang disediakan perusahaan.

4. TBC

Bukan singkatan dari jenis penyakit ya, hehe. TBC di sini diartikan sebagai To Be Confirm atau hal yang akan segeran dikonfirmasi, contohnya, kamu follow up bagian General Affairs untuk pengadaan barang tapi mereka lupa dengan request kamu, maka jawaban yang mereka lontarkan biasa “oke, TBC ya”

5. TCD

TCD? Siapanya OCD nih? Hmm, bukan siapa-siapanya sih. TCD as known as “deadline”, mungkin istilah deadline yang lebih sering kita gunakan sehari-hari, tapi kalau kamu menggunakan istilah TCD itu akan terlihat lebih professional. TCD singkatan dari Target Completion Date.

6. OT

Omong Thok (Omong Doang)? Noooo! OT adalah overtime alias lembur. Kebiasaan kalau dengar “lembur” akan menimbulkan emosi, maka timbullah istilah OT meredakan emosi tersebut meskipun mempunyai artian yang sama.

Dari beberapa singkatan-singkatan dunia kerja di atas, tentu saja hanya sedikit dari apa yang terjadi di lapangan. Tapi tidak ada salahnya jika kamu sudah mengenal istilah-istilah di atas. Terlebih jika kamu ingin bekerja di perusahaan multinasional atau internasional atau kamu mengikuti program Management Trainee dan percepatan karir seperti yang disediakan beberapa perusahaan dan BUMN. Jangan menutup diri untuk lebih berkembang ya! Semangat!

 

Penulis : Idhea Cantika

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.