Istilah-Istilah Pada Masa Pengenalan Mahasiswa Baru di UMY

 

Tahun ajaran baru telah dimulai nih di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Beberapa dari kalian pasti penasaran kan dengan beberapa istilah yang lekat dengan masa penerimaan mahasiswa baru di UMY. Berikut ini kita bakal membahas beberapa istilah yang lekat dengan masa ospek di UMY.

  1. Mataf

Mataf adalah singkatan atau akronim dari Masa Ta’aruf bagi mahasiswa baru di UMY. Masa Ta’aruf ini merupakan bentuk ospek yang dilakukan di UMY. Sama seperti ospek yang dilakukan oleh perguruan tinggi lain di seluruh Indonesia. Mataf sendiri sudah termasuk pada kegiatan kampus, fakultas hingga jurusan.

  1. OSDI

Sebagai kampus yang Unggul dan Islami, UMY diharapkan mampu menjadi kampus yang menjadi tempat lahirnya peradaban Islam yang bertumpu pada pilar-pilar ketakwaan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. OSDI atau Orientasi Studi Dasar Islam adalah program wajib bagi para mahasiswa baru dengan tujuan agar mahasiswa baru selalu berpegang teguh pada keyakinan Islam dalam proses pendidikan menuju intelektual muda yang selalu berpikir kritis.

  1. KIAI

Selain OSDI yang menjadi kegiatan wajib untuk mahasiswa baru, ada juga KIAI atau Kuliah Intensif Al Islam. KIAI diselenggarakan oleh Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI). Tujuan diselenggarakannya KIAI adalah memberikan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa mengenai konsep dasar Islam, terutama ibadah sehingga dapat melaksanakan ibadah dengan baik dan benar sesuai paham Muhammadiyah; memberikan pengalaman beribadah secara langsung kepada Mahasiswa sesuai paham Muhammadiyah; serta membiasakan kehidupan Islami kepada Mahasiswa.

  1. BTA

 

Program BTA (Baca Tulis Al-Quran) merupakan program bimbingan baca Al-Quran yang dilaksanakan dalam rangka membimbing mahasiswa baru untuk mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan tajwid dan makhorijul huruf. Program BTA milik UMY ini meliputi program bimbingan sebaya maba dimana wajib bagi mahasiswa baru UMY untuk mendapatkan nilai A dalam placement testnya. Yang kedua adalah bimbingan baca Al-Quran maba, dimana mahasiswa baru dengan nilai placement B, C, D, E diwajibkan untuk mengikuti programnya.

Nah itu tadi beberapa istilah pada program yang identik dengan mahasiswa baru. Buat kalian yang sudah melewatinya, pasti familiar dengan beberapa istilah di atas. Tapi buat kalian yang baru akan menjalani beberapa program di atas, semangat dan tetap jaga kesehatan ya.

 

Penulis : Risma Nadya F

Editor   : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *