Ini Dia Timeline LPDP Tahap 2 Tahun 2021

Semua mahasiswa, terkhusus scholarship hunters (pemburu beasiswa) pasti sangat familiar dengan beasiswa populer bernama LPDP. LPDP sendiri merupakan kepanjangan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Beasiswa dari pemerintah ini memang selalu menjadi pilihan pertama di benak para scholarship hunters yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan mereka. Beasiswa yang mendanai 100% biaya kuliah ini akan membuka pendaftaran tahap 2 di tahun 2021, mau tahu timelinenya? Ayo kita kupas tuntas satu persatu.

1. Pembukaan pendaftaran

Untuk pembukaan pendaftaran, LPDP tahap 2 ini akan segera membuka pendaftaran dimulai tanggal 1 Agustus hingga 8 September nanti. Di tahap ini kamu bisa mempersiapkan berkas-berkas yang sudah ditentukan oleh LPDP sendiri. Untuk lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website resmi LPDP di https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/. Di sana kamu akan menemukan persyaratan untuk jalur beasiswa yang kamu pilih.

2. Pengumuman hasil seleksi administrasi

Di tahap ini, LPDP akan mengumumkan para calon awardee yang lulus tahap berkas dan berhak untuk melanjutkan tes ke tahap berikutnya. Pada proses seleksi LPDP tahap 2 ini, pengumuman seleksi berkas akan diumumkan pada tanggal 24 September 2021.

3. Seleksi substansi akademik dan kebangsaan

Setelah berhasil melewati tahap berkas, tahap selanjutnya yang harus kamu lewati adalah seleksi substansi akademik dan kebangsaan. Di tahap ini kamu akan diuji sejauh mana pengetahuan kamu tentang akademik dan pengetahuan kebangsaanmu. Untuk jalur PTUD (Perguruan Tinggi Utama Dunia), biasanya akan melewatkan tes substansi akademik, dan hanya melalui tes kebangsaan saja. Untuk tahap 2 ini, tes seleksi substansi akademik dan kebangsaan akan diadakan pada tanggal 4-8 Oktober 2021.

4. Pengumuman hasil tes substansi akademik dan kebangsaan

Pengumuman hasil tes substansi akademik dan kebangsaan pada LPDP tahap 2 ini akan diumumkan pada tanggal 13 Oktober, dan bagi para calon awardee yang namanya tertera lulus di tes substansi akademik dan kebangsaan akan melanjutkan perjuangan mereka untuk mendapatkan LPDP di tahap wawancara.

5. Seleksi wawancara

Tahap terakhir dari rangkaian seleksi beasiswa LPDP tahap 2 ini adalah wawancara, bagi semua calon awardee yang lulus tes substansi akan melanjutkan perjuangan mereka dan akan diwawancarai oleh tim LPDP pada tanggal 25 Oktober sampai dengan 26 November 2021.

6. Pengumuman final

Setelah berhasil melewati berbagai rangkaian tes, maka hasil final untuk siapa saja yang berhak menjadi awardee LPDP tahap 2 ini akan diumumkan pada tanggal 3 Desember 2021.

Itulah timeline lengkap seleksi LPDP tahap 2 pada tahun 2021. Bagi kamu yang ingin menjadi calon awardee LPDP tahun ini, maka sebaiknya kamu sudah mulai melengkapi syarat administrasi, karena pembukaan pendaftaran tinggal sebentar lagi. Bagi kamu yang berniat mendaftar LPDP tahun depan, atau tahun depannya lagi, ayo mulai siapkan diri kamu dan juga persyaratan-persyaratan yang diperlukan. Good Luck!

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.