Ini Dia, Pertanyaan Wawancara Bagi Calon Mahasiswa S2!

S2 beda loh dengan S1. Ilmu yang kamu pelajari akan lebih spesifik dibandingkan dengan sebelumnya. Butuh tekad, komitmen, dan konsistensi agar kamu bisa menjalani kehidupan studi magister. Nah, artikel kali ini akan membahas tentang “Pertanyaan saat Wawancara S2” , semoga informasi ini membantu persiapan kamu untuk lanjut studi S2, di dalam negeri maupun di luar negeri.

Biasanya, professor atau orang yang akan mewawancarai kamu sudah mempelajari study plan dan juga motivation letter yang kamu buat. Mengapa? Karena, dalam study plan dan motivation letter kamu memuat hal tentang dirimu, yang kamu sukai, bidang dan konsentrasi apa yang kamu minati, dan juga planning future.

1. Bagaimana Cara Kamu Menggambarkan atau Mendeskripsikan Dirimu?

Pertanyaan ini, biasanya akan muncul saat sesi wawancara dimulai. Yaps, karena pertanyaan ini pertanyaan basic, penting nggak penting tapi penting hehe, dan juga bridging question yang akan menghantarkan wawancara ini lebih dalam.

2. Alasan Kamu Lanjut S2 dan Prodi yang Kamu Pilih?

Tentu saja, sebagai pewawancara mereka akan berpura-pura tidak mengetahui alasan kamu. Bukan untuk membodohi kamu tapi untuk mengetes seberapa tertarik dan seberapa serius kamu akan bertanggung jawab dengan pilihanmu.

3. Apa Pertimbangan Kamu Memilih Riset Ini?

Seperti yang kita bahas di atas bahwa kamu butuh tekad untuk melanjutkan studi, karena setiap langkah atau pilihan yang kamu ambil pasti memerlukan alasan untuk pewawancara. Hal ini juga berkaitan dengan seberapa paham kamu akan riset kamu sendiri. Jangan sampai kamu nggak paham dengan riset yang akan kamu lakukan nanti.

4. Apa Output/Kontribusi yang Kamu Lakukan Setelah Selesai Studi dari Prodi Pilihanmu

Jika kamu sudah mendengar pertanyaan ini, berarti siapkan dirimu dan jawaban terbaikmu untuk menghadapinya karena pertanyaan akan semakin spesifik dengan future plans kamu.

5. Setelah Selesai S2 Apa yang Akan Kamu Lakukan?

Pertanyaan ini bisa memunculkan anak jawaban seperti: “saya akan lanjut studi S3 dengan jurusan” pilih jurusan yang spesifik dan linear dengan program studi S2 kamu, atau kamu juga bisa menjawab, “saya ingin kerja di Kementerian Perdagangan sebagai …” sertakan alasan yang rasional ya.

6. Apa Rencana Kamu 5-10 tahun yang Akan Datang?

Hayo! Kamu harus persiapkan masa depan yang matang ya, jangan sampai kamu hidup tapi tidak mempunyai rencana apapun.

Memang terlihat agak ribet, tapi percaya deh kalau kamu udah mempersiapkan ini semua, pada saat pertanyaan ini nanti mucul kamu akan mudah dan mantap untuk menjawabnya. Semangat pejuang beasiswa!

 

Penulis : Idhea Cantika

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.