Ini Dia Biaya Kuliah Kedokteran di Harvard University

Siapa yang tidak ingin menjadi seorang dokter? Semua orangtua pasti memiliki impian bahwa anaknya kelak akan berguna bagi nusa dan bangsa dengan menjadi seorang dokter. Namun, untuk menjadi seorang dokter tidaklah mudah, kita harus menempuh pendidikan yang tidak sebentar dan materi kuliah yang membuat kita seakan ingin menyerah saja. Tidak hanya itu, pemilihan kampus juga menjadi faktor penting dalam menggapai mimpi menjadi seorang dokter. Banyak universitas di Indonesia yang menyediakan pendidikan dokter dengan standar yang mumpuni antara lain Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan beberapa universitas di kota-kota besar lainnya.

Namun, pernahkah kalian membayangkan bagaimana jika kalian ingin berkuliah kedokteran di luar negeri seperti di Havard. Universitas di luar negeri umumnya memiliki banyak sekali fasilitas yang akan membantu mahasiswa untuk belajar dengan baik. Mulai dari kurikulum, dosen yang berpengalaman di bidangnya, laboratorium lengkap hingga internship yang disupervisi. Hal ini tentu akan sangat membantu mahasiswa selama perkuliahan. Selain itu ada banyak keuntungan yang bisa didapat jika kuliah di luar negeri, seperti sertifikasi internasional, training dan memiliki peluang untuk berkarir di luar negeri pula. Hal ini tentu menjadi poin plus kuliah di luar negeri ‘kan? Nah, Kira-kira berapa ya biaya kuliahnya? Apakah akan sama seperti di Indonesia atau lebih mahal atau bahkan lebih murah? Yuk simak biaya perkuliah kedokteran di Harvard University berikut ini.

Harvard Medical School adalah komunitas yang berdedikasi pada keunggulan dan kepemimpinan dalam kedokteran melalui pendidikan, penelitian, dan perawatan klinis. Universitas swasta ini mendaftarkan lebih dari 700 siswa setiap tahun. Selain itu, sekolah tinggi kedokteran Harvard University telah diperingkatkan sebagai yang teratas dari beberapa rekomendasi sekolah kedokteran di dunia. Meskipun tidak disebutkan secara jelas oleh Universitas Harvard sendiri, namun beberapa sumber menyatakan bahwa kuliah kedokteran di Harvard diperkirakan mencapai 50,144 dollar atau setara dengan 718,174,904 rupiah per tahun akademik. Biaya itu adalah biaya di luar dari asrama, tempat tinggal dan makan sehari-hari. Namun kamu tidak perlu khawatir, di Harvard University terdapat suatu program yaitu ‘Financial Support’ dimana mahasiswa akan dibantu untuk diringankan biaya kuliahnya dan mendapatkan bantuan senilai 4.000 dollar perbulannya.

Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk berkuliah di Harvard dengan jurusan kedokteran. Bukan hal yang mustahil bagi kalian sebab beasiswa terbuka lebar dan kesempatan untuk mendapatkannya terbuka bagi siapapun. Untuk kalian yang bercita-cita berkuliah di Harvard apalagi jurusan kedokteran yuk persiapkan dari sekarang. Sehingga tiba waktunya nanti kalian akan siap 100% dan siap menjadi mahasiswa dan bagian dari nama besar Harvard University. Yuk simak info menarik lainnya di berandakampus.com!

 

Source: https://dms.hms.harvard.edu/ , https://worldscholarshipforum.com

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.