Ini Dia American Corner di Beberapa Kampus Indonesia

American Corner merupakan program kerja sama antara Kedutaan Besar Amerika Serikat dengan Indonesia melalui beberapa universitas yang tersebar di seluruh Indonesia. American Corner ini dibentuk sebagai wadah informasi berupa pendidikan, politik, budaya, dan hal lainnya mengenai Amerika Serikat. American Corner biasanya dipenuhi oleh buku-buku yang bisa dijadikan sumber untuk mengenal tentang Amerika Serikat dan beberapa acara seperti yang dibawakan oleh volunteer. Acara yang diadakan pun sangatlah beragam, seperti bedah beasiswa, bedah budaya, diskusi, dan hal-hal lainnya. Kegiatan ini biasanya diikuti oleh mahasiswa, namun juga terbuka untuk umum.

Sejauh ini, sudah ada beberapa universitas yang memiliki fasilitas American Corner di dalam lingkungan kampus. Mungkin American Corner di setiap universitas memiliki program serta visi misi yang berbeda, namun pastinya tujuan dari adanya American Corner ini adalah membantu semua orang, terutama mahasiswa untuk lebih mengenal tentang cross-cultural, meningkatkan literasi dan juga kegiatan positif di dalam lingkungan kampus. Inilah beberapa kampus di Indonesia yang memiliki fasilitas American Corner:

  1. American Corner UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Sumber: https://www.linkedin.com/company/american-corner-uin-jakarta/?originalSubdomain=id

Daftar pertama universitas yang memiliki American Corner adalah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Kampus ini memiliki American Corner yang terletak di perpustakaan pusat kampus UIN Syarif Hidayatullah dan sering sekali mengadakan kegiatan-kegiatan seperti bedah beasiswa untuk studi di Amerika Serikat, salah satunya adalah bedah beasiswa LPDP (Lembaga Dana Pengembangan Pendidikan).

 

2. American Corner Universitas Gadjah Mada

Sumber: https://pbs.twimg.com/media/A7EV0b_CMAAqJAm.jpg

Kampus selanjutnya yang memiliki American Corner adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Area American Corner di universitas ini juga terletak di area yang sama dengan perpustakaan UGM. Bahkan American Corner UGM pernah mendapatkan penghargaan Best Programming and Best Reporting. Penghargaan diberikan oleh Information Resources Center (IRC) Kedutaan Besar Amerika Serikat Jakarta karena berhasil menjalankan program yang sangat baik, beberapa diantaranya adalah seminar, digital video conference, dan English club.

    3. American Corner Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Sumber: https://www.umy.ac.id/wp-content/uploads/2016/09/IMG_8716.jpg

Universitas lainnya di Yogyakarta yang memiliki fasilitas American Corner adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, sama seperti American Corner di kampus lainnya. American Corner di kampus ini juga memfasilitasi banyak sekali kegiatan positif seperti peningkatan bahasa, bedah beasiswa, bedah program-program ke Amerika Serikat. American Corner di kampus ini juga terletak di gedung yang sama dengan perpustakaan pusat kampus UMY dan juga difasilitasi oleh banyak sekali resources semua hal tentang Amerika Serikat.

 4. American Corner Universitas Sumatera Utara

Sumber: https://fp.usu.ac.id/images/gambar/perpustakaan.jpg

Yang selanjutnya adalah American Corner dari salah satu kampus di pulau Sumatera, yaitu Universitas Sumatera Utara atau biasa disingkat dengan sebutan USU. Di kampus ini, American Corner terletak di area perpustakaan, lebih tepatnya di lantai satu perpustakaan USU.

5. American Corner Institut Teknologi Bandung

Sumber: https://lib.itb.ac.id/wp-content/uploads/sites/163/2017/06/IMG_2734.jpg

American Corner selanjutnya bisa kamu temukan di Institut Teknologi Bandung atau ITB, sejalan dengan program American Corner lainnya, di kampus ini pun American Corner membahas tentang issue pendidikan, peningkatan bahasa, dan kegiatan lainnya.

Itulah beberapa daftar dari kampus yang memiliki fasilitas American Corner, beberapa kampus lain juga memiliki fasilitas American Corner yang sama, seperti American Corner di Universitas Airlangga, American Corner di Universitas Andalas, American Corner di Universitas Muhammadiyah Malang, dan di beberapa Universitas lainnya yang tersebar di Indonesia. Dengan adanya fasilitas ini, masyarakat umum, terutama mahasiswa bisa mendapatkan informasi tanpa batas mengenai semua hal tentang Amerika Serikat. American Corner menjadi wadah yang sangat membantu semua pihak, apalagi untuk mahasiswa yang mempunyai keinginan untuk melanjutkan studi ke Negeri Paman Sam tersebut.

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Sakinah

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.