Ini Dia 5 Negara yang Menerima Mahasiswa Indonesia Terbanyak

Menempuh Pendidikan di luar negeri adalah impian hampir seluruh orang. Apalagi, jika dapat diterima di kampus atau negara bergengsi. Terlebih bagi mereka kaum muda yang sudah terbiasa merantau, pasti rasa untuk menempuh pendidikan lebih tinggi dan di tempat jauh akan menggebu-gebu. Menempuh pendidikan di tempat yang jauh dari tanah kelahiran, melatih membentuk kepribadian lebih mandiri. Pengalaman dan nilai toleransi akan mendarah daging, sebab alur kehidupan dengan perbedaan budaya, ras dan kebiasaan menjadi warna kehidupan sehari-hari.

Berikut 5 daftar negara terbanyak yang menerima mahasiswa Indonesia yang patut kalian coba jika ingin melanjutkan studi di negeri seberang:

1. Australia

Sydney Harbour Bridge

Negara ini sering disebut sebagai Negara Kangguru, bagaiamana tidak populasi kangguru disebut-sebut melebihi kapasitas penduduknya. Menurut catatan terakhir pada tahun 2020, Australia dihuni sebanyak 17.000 lebih mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di berbagai kampus. Diantaranya, University of Sydney, University of Western Australia dan masih banyak lagi.

2. Singapura

Aerial view of Marina Bay Skyline in Singapore at sunset.

Negara ini dikenal dengan sebutan negara paling anti akan korupsi. Selain itu pendidikan di Singapura sudah sangat maju. Bahkan sering digadang-gadang sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan 3 Universitas yang berpengaruh pada Asia khususnya. Diantaranya, Nanyang Technological University (NTU) dan National University of Singapore (NUS) menduduki peringkat 11 dunia, dan Singapore Management University yang menduduki peringkat 477 dunia. Universitas ini memfasilitasi pengembangan investor multi-nasional sehingga diyakini Singapura akan menjadi Lembah Silikon Baru untuk Asia. Saat ini sebanyak lebih dari 24.000 mahasiswa Indonesia menempuh Pendidikan di Singapura.

3. Malaysia

Top view of Kuala Lumpur skyline at twilight

Malaysia adalah Negara tetangga Indonesia. Tidak jarang negara ini disebut sebagai saudara kembar Indonesia. Kembar namun tak serupa, begitu kira-kira tepatnya. Mengapa demikian? Sebab, dari segi budaya, makanan, bahasa, dan iklim Malaysia dan Indonesia memiliki kemiripan. Jarak antara keduanya juga begitu dekat, maka tak heran hal ini mungkin menjadi alasan banyaknya mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di sana. Saat ini tercatat sebanyak 10.000 lebih mahasiswa Indonesia belajar di Malaysia. Menariknya, Malaysia begitu diminati bukan hanya karena suasana yang mirip Indonesia. Melainkan, biaya kuliah yang bisa dikategorikan lebih terjangkau dibandingkan dengan negara tetangga seperti Singapura dan lainnya.

4. Amerika Serikat

The Statue of Liberty with the One world Trade building center over hudson river and New York cityscape background, Landmarks of lower manhattan New York city. Architecture and building concept

Negara yang mungkin identik disebut bebas, nyatanya menjadi Negara yang memiliki jumlah Mahasiswa Indonesia yang banyak. Selain karena kemajuan pendidikan yang sangat baik, Amerika juga banyak memfasilitasi mahasiswa international baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Hal inilah yang menjadi daya tarik yang besar bagi mahasiswa Indonesia. Pada tahun 2020 menyebutkan bahwa sebanyak lebih dari 9.000 mahasiswa Indonesia menempuh pendidikan di Amerika Serikat.

5. Mesir

morning light on pyramids

Jika mendengar nama Negara Mesir, mungkin yang akan terlintas di fikiran adalah padang pasirnya. Namun, jangan dikira hanya padang pasir. Mesir nyatanya menjadi salah satu negara yang banyak dipilih mahasiswa Indonesia. Universitas Al-Azhar sering disebut sebagai icon of Mesir University, karena banyaknya mahasiswa Indonesia yang berkuliah di sana. Biasanya alumni dari Pesantren atau Pondok menempuh pendidikan di sana baik untuk Undergraduate ataupun lainnya. Hingga tahun 2020 lalu tercatat sebanyak lebih dari 5.000 mahasiswa Indonesia menempuh Pendidikan di Mesir.

Nah, sudah tahu kan mana aja sih negara yang banyak dihuni mahasiswa Indonesia. Jadi, negara mana nih yang akan kamu pilih untuk melanjutkan Pendidikan?

 

Penulis : Gina Fauziyah

Editor : Sakinah/Uke

Sumber gambar : iStockphoto.com

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.