Ini Cara Sukses Studi, Organisasi, dan Prestasi

Masa – masa kuliah adalah masa yang tidak pernah dilupakan oleh seseorang. Selain itu, tidak setiap orang bisa mendapatkan kesempatan berkuliah. Setiap orang pasti memiliki pengalamannya sendiri dalam masa perkuliahan. Namun, tidak sedikit juga orang yang melewatkan kesempatan kuliah ini hanya untuk sekadar mendapat gelar sarjana saja.

Oleh karena itu, ini adalah cara agar masa kuliahmu sangat berkesan dan bermanfaat untuk pengembaran diri dan tentunya memberi manfaat baik untuk orang banyak. Sebab sekali lagi, kuliah adalah kesempatan yang tidak dimiliki oleh semua orang. Agar kamu bisa mencapai sukses studi, organisasi, dan juga prestasi, kiat – kiat ini mungkin bisa diterapkan.

Pertama, pastikan kamu tidak pernah melewatkan sedikitpun mata kuliah di kelas. Entah itu mata kuliah yang tidak kamu sukai ataupun dosen yang tidak kamu senangi. Hal itu mau tidak mau harus kamu taklukkan.

Sebab, itu adalah tanggung jawab atas dirimu sendiri yang mendapat kesempatan kuliah di tengah orang lain sulit untuk mendapatkannya. Tentu saja, kuliah dengan rangkaiannya harus kamu lakukan secara maksimal dan tepat waktu. Baik itu tugas mandiri ataupun tugas kelompok.

Kedua, ikutilah organisasi yang benar – benar kamu minati dan membuat skill atau bakatmu bertambah. Jangan pernah sekali – kali mengikuti organisasi hanya karena ikut – ikutan. Hal yang kamu perlu ketahui adalah kenali dirimu, lalu pilih organisasi yang mampu mengeksplorasi lebih jauh tentang dirimu.

Selain itu, kamu tidak perlu ikut banyak organisasi, jika itu nanti hanya membuatmu kesusahan. Apalagi sampai rangkap jabatan dimana – mana. Nanti kamu bakal capek sendiri dan kemampuanmu tidak akan ada yang terasah dengan maksimal.

Ketiga, beranikanlah dirimu untuk mengikuti perlombaan dan kompetisi. Hal ini tentu akan membuat daya kompetitif dalam dirimu bertambah. Selain itu, kamu akan terbiasa dengan lingkungan yang kreatif dan juga inovatif. Hari ini, hampir setiap minat dan bakat mahasiswa ada lombanya, jadi tak masalah jika kamu ikut perlombaan.

Tentu saja, dengan kamu ikut perlombaan atau kompetisi akan menambah pengalaman dan prestasimu yang akan berguna di masa yang akan datang.

 

Penulis : Ramadhanur Putra

Editor : Sakinatudh Dhuhuriyah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *