Ini Beberapa Hal Yang Harus Diketahui Oleh Mahasiswa Rantau

Kehidupan kuliah dekat dengan budaya merantau. Merantau adalah budaya yang telah turun temurun bagi masyarakat Indonesia. Selain untuk mencari pekerjaan, rantau juga menjadi jalan untuk menuntut ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah dengan berkuliah di tempat lain. Seseorang disebut merantau ketika ia meninggalkan kampung halamannya menuju tempat tertentu untuk mengerjakan sesuatu.

Dalam budaya merantau, seseorang akan menemukan banyak sekali hal baru. Entah itu budaya daerah yang berbeda, bahasa, sikap, dan adat setempat. Hal ini tidak jarang membuat seorang mahasiswa mengalami culture shock. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diketahui oleh seseorang mahasiswa yang merantau.

Pertama, mengenali tempat yang akan dituju. Hal yang harus dilakukan pertama kali tentunya adalah mengenali tempat yang ingin dituju. Hal ini dapat kita lakukan dengan bertanya – tanya pada orang yang dulu sudah pernah ke sana. Atau bisa juga, hari ini mencari informasi di internet terkait tempat yang akan dituju. Hal ini menjadi penting agar ketika sampai di tanah rantau kita tidak mengalami kekagetan dengan perubahan yang ada.

Kedua, beradaptasi dengan budaya baru. Hal ini menjadi keniscayaan bagi seorang yang datang ke tempat baru. Mau tidak mau ia harus menerima perbedaan budaya yang ia temui. Sebab, hanya dengan cara itulah ia dapat bertahan di tempat yang baru. Kadang, penerimaan hal yang baru memang agak sulit dilakukan. Tapi, dengan cara memahami dan mempelajari hal baru akan membuat kita lebih mudah beradaptasi dengan budaya yang baru di tanah rantau.

Ketiga, jangan lupa selalu berkabar pada keluarga. Terakhir, sebagai seorang mahasiswa rantau, tentu berkabar dengan keluarga di kampung halaman adalah hal yang sangat penting. Meskipun terpisah jarak, tapi setidaknya kabar berita tentang perkembangan masih bisa diinformasikan. Apalagi, hari ini kita sudah difasilitasi oleh internet dan teknologi digital.

 

Penulis : Ramadhanur Putra

Editor : Sakinatudh Dhuhuriyah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *