Ingin Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak? Simak Tips-tips ini!

Jika berbicara tentang menguasai bahasa asing, sudah pasti bahasa Inggris merupakan bahasa pertama yang terbesit di dalam pikiran banyak orang. Bahasa Inggris yang juga merupakan bahasa internasional sudah menjelma menjadi bahasa wajib yang harus dikuasai oleh banyak orang, terkhusus oleh mahasiswa. Posisi bahasa Inggris sendiri di Indonesia masih menjadi bahasa asing dimana penggunaannya masih sangat terbatas di dalam kehidupan sehari-hari, bukan bahasa kedua seperti di beberapa negara seperti India dan Malaysia, oleh karena itu menguasai bahasa Inggris masih menjadi pekerjaan rumah yang berat bagi para mahasiswa di Indonesia.

Untuk menguasai bahasa Inggris sendiri, kamu tidak harus selalu mendaftar ke lembaga resmi atau bimbingan belajar resmi, kamu bisa belajar mandiri di rumah dengan mengikuti beberapa tips ini loh!

1. Dengarkan podcast bahasa Inggris

Dengan zaman teknologi seperti ini, mencari podcast berbahasa Inggris adalah hal yang sangat mudah. Kamu bisa menemukan podcast berbahasa Inggris melalui BBC Learning English, mendengarkan radio melalui aplikasi Heart Radio App, atau mendengarkan Ted Talk melalui Youtube.

2. Sering membaca buku berbahasa Inggris

Banyak sekali penelitian yang membuktikan bahwa membaca buku berbahasa Inggris bisa menambah kosa kata dan kemampuan kita dalam memahami bahasa Inggris tersebut, contohnya adalah ketika kamu membaca dan menemukan kata-kata yang kamu tidak mengerti, biasanya kamu akan langsung membuka kamus dan mencari arti kata tersebut, sehingga kamu memiliki kosa kata baru setiap harinya.

Buku berbahasa Inggris mudah sekali didapatkan, kamu bisa membeli langsung ke toko buku seperti Gramedia, membeli E-book melalui playstore, meminjam di perpustakaan langsung, atau bahkan mendaftarkan diri menjadi anggota perpustakaan online baik di dalam maupun di luar negeri. Semakin banyak kamu membaca buku berbahasa Inggris, maka kamu akan menjadi lebih familiar dengan struktur bahasa Inggris tersebut.

3. Belajar mandiri melalui Youtube

Di Youtube, kamu bisa mendapatkan ratusan bahkan ribuan video pembelajaran bahasa Inggris, guru-guru yang mengajar pun biasanya merupakan guru yang sangat profesional di bidangnya. Di Youtube sendiri, kamu bisa memilih ingin belajar grammar, pronunciation, slang, maupun hal-hal dan aspek lainnya dalam bahasa Inggris. Beberapa channel seperti “Learn English with EnglishClass101.com”, “Shaw English Online”, “Learn English with Jessica”, dan “Linguamarina” bisa jadi rekomendasi channel yang wajib sekali kamu ikuti.

4. Ubah Hal Kecil di Sekitar Kamu Menjadi Bahasa Inggris

Untuk menguasai bahasa Inggris, kamu harus menjadi terbiasa dengan bahasa tersebut, maka dari itu ubahlah hal-hal kecil di sekitar kamu menjadi English-friendly, seperti ubah pengaturan smartphone kamu menjadi bahasa Inggris, ketika menonton TV usahakan untuk meletakkan di channel luar negeri, dengarkanlah vlog-vlog influencer luar negeri, dan juga lagu-lagu berbahasa Inggris. Dengan itu kamu akan menjadi terbiasa dengan bahasa Inggris.

5. Jangan Takut dan Malu

Kita hidup di lingkungan dimana ketika berbahasa Inggris, maka orang akan berkata bahwa kita sombong atau kebarat-baratan, padahal bahasa Inggris akan menjadi bagus jika terus diasah dan digunakan. Jadi ketika kamu punya kesempatan untuk berbahasa Inggris, tidak perlu merasa minder, semakin sering kamu membiasakan diri menggunakan bahasa Inggris, maka akan semakin baik. Kamu bisa mencoba untuk mengikuti Model United Nations atau berteman secara online dengan orang-orang luar negeri, maka dengan itu kamu bisa menggunakan dan mencoba kemampuan bahasa Inggris kamu langsung dengan native speakers bahasa Inggris.

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.