Hindari Mengutip Situs Ini Agar Skripsimu Cepat Selesai

Jika kamu membuka artikel ini, mungkin 90% kamu adalah mahasiswa tingkat akhir. Mahasiswa yang sedang bergelut dengan skripsi. Skripsi biasanya identik dengan kegalauan dan lain sebagainya. Bahkan tak jarang banyak meme mahasiswa berkaitan dengan skripsi yang tak kunjung selesai.

Akan tetapi, sudahkah kamu mengecek apa yang menyebabkan skripsimu terkendala? Pengutipan sumber dalam skripsi mungkin salah satunya. Nah, jangan abaikan hal ini, apa saja sih situs yang dilarang dikutip di dalam skripsi kamu?

1. Wikipedia

Wikipedia adalah situs ensiklopedia online yang dapat diakses secara bebas oleh siapapun. Sebagaimana ensiklopedia, segala jenis pengetahuan ada di dalamnya. Maka tak heran setiap orang ketika ingin mencari informasi akan membuka situs ini.

Akan tetapi, meskipun Wikipedia menyimpan sangat banyak informasi, ternyata ia tidak lolos Standard Quality Control Kelayakan Skripsi. Mengapa? Karena para Dosen Pembimbing akan mempertanyakan penulis skripsi mengenai sumber tulisan, tahun penulisan dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, hampir semua dosen tidak menginginkan mahasiswanya mengakses referensi dengan situs yang satu ini. Karena, secara akademik masih belum bisa dipertanggungjawabakan.

2. Blog

Situs ini adalah situs hasil tulisan dari kalangan masyarakat. Setiap orang dapat menulis dengan mudah melalui Blog. Maka, sudah pasti sumber tulisan dalam situs ini tidak dapat dipertanggungjawabkan. Kemudian tidak masuk ke dalam kategori hasil penelitian.

Selain itu, Blog ini juga merupakan milik perorangan dan bersifat pribadi, sehingga banyak sekali tulisan dan informasi yang disampaikan dalam situs Blog tersebut. Akan tetapi, tulisan yang disampaikan tidak memiliki kekuatan nilai ilmiah yang bisa dijadikan rujukan atau sumber penulisan artikel ilmiah seperti skripsi.

3. Media Sosial

Sepeti yang kita ketahui, semakin ke sini Media Sosial semakin berkembang. Banyaknya Media Sosial baru bermunculan dengan menawarkan fitur-fitur terbaik versi mereka. Hingga akhirnya banyak dari orang-orang memanfaatkan Media Sosial miliknya untuk berbagi informasi penting.

Akan tetapi, informasi tersebut bukan berarti dapat kamu jadikan acuan untuk penulisan Skripsimu. Karena, sama seperti sebelumnya bahwa sumber tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Maka akan sangat-sangat baik jika kamu mengunjungi situs-situs untuk pencarian Jurnal Resmi sesuai Judul Skripsi kamu. Kamu juga bisa menggunakan sumber lain yang lebih cocok, semisal Jurnal berupa E-Book. Sebab situs tersebut secara akademik bisa dipertanggungjawabkan ketika sedang mengerjakan skripsi.

Berdasarkan penjelasan di atas, sudah jelas bukan mana saja situs yang tidak boleh kamu jadikan bahan untuk kamu kutip dalam skripsi. Jadi, selamat menyelesaikan skripsimu.

 

Penulis : Gina Fauziyah

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.