Hi Para Mahasiswa! Kamu Tau Ga Apa Itu Ivy League?

Melanjutkan kuliah di luar negeri memang menjadi impian besar banyak mahasiswa, mendapatkan kesempatan mengenyam pendidikan dengan kualitas tinggi menjadi salah satu alasan utama kuliah di luar negeri menjadi pilihan utama. Berbicara tentang kualitas pendidikan, apakah kamu familiar dengan istilah Ivy League? Istilah ini memang terdengar sangat asing di telinga para mahasiswa Indonesia, istilah yang berasal dari Amerika Serikat ini tidak begitu dikenal dikarenakan memang lebih banyak mahasiswa Indonesia yang tertarik mencari informasi terkait kuliah di Jerman atau di United Kingdom

Istilah Ivy League sendiri adalah sebutan bagi beberapa universitas prestisius di seluruh wilayah Amerika Serikat, disebutkan bahwa semua universitas yang masuk dalam daftar Ivy League merupakan universitas-universitas dengan kualitas pendidikan ternama dan terbaik, bukan hanya terbaik di Amerika Serikat, namun terbaik di dunia. Awalnya istilah Ivy League ini dibuat untuk acara liga sepakbola yang terdiri dari delapan universitas di Amerika Serikat, namun setelah beberapa waktu, istilah Ivy League tidak lagi mengacu pada atletik, melainkan ke arah filosofi pendidikan terbaik.

Univeristas-universitas yang termasuk dalam Ivy League digadang menjadi penghasil lulusan terbaik yang tersebar divseluruh dunia seperti George Bush, Barack Obama, Jeff Bezos, Elon Musk, Elizabeth Banks, dan Warren Buffet. Nama-nama tersebut merupakan lulusan dari salah satu Universitas yang masuk divdalam daftar kampus Ivy League, penasaran tentang kampus mana saja yang menjadi anggota Ivy League? Mari kita bahas satu persatu!

1. Harvard University

Jika berbicara mengenai kampus terbaik di dunia, nama Harvard University memang tidak pernah lupa disebutkan di daftar pertama, kampus terbaik dunia yang terletak di Massachusetts ini memang tidak pernah absen untuk bertengger di posisi universitas terbaik dunia. Beberapa nama orang-orang terkemuka ini merupakan lulusan Harvard University mungkin kamu kenal, seperti mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama, bahkan putri sulungnya Malia Obama juga melanjutkan studinya di Harvard. Nama familiar lain yang juga merupakan lulusan Harvard adalah pengusaha Indonesia yang kini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Nadiem Makarim.

2. Yale University

Kampus terbaik selanjutnya yang merupakan anggota Ivy League adalah Yale University. Universitas terkemuka dunia yang berlokasi di Connecticut ini memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Menghasilkan alumni sukses yang tersebar di seluruh dunia sudah bisa menjadi pembuktian kalau salah satu universitas Ivy League ini memang pantas menjadi anggota Ivy league, sebut saja mantan presiden Amerika Serikat George H. W. Bush, manta senator Massachusetts John Kerry, dan aktor hollywod James Franco.

3. Princeton University

Anggota Ivy league lainnya merupakan salah satu universitas yang berada di New Jersey, Princeton University. Salah satu universitas tertua di Amerika Serikat ini berhasil mencetak banyak sekali alumni sukses setiap tahunnya, berikut beberapa alumni penting dari universitas yang masuk dalam anggota Ivy league ini, yang pertama adalah Jeff Bezos, John F. Kennedy, Queen Noor of Jordan, dan masih banyak alumni sukses lainnya.

4. Columbia University

Anggota Ivy League selanjutny adalah Columbia University. Universitas terkemuka swasta ini berada di salah satu jantung kota Amerika Serikat, yaitu New York. Menjadi salah satu anggota Ivy League sudah bisa menjadi garansi bahwa Columbia University merupakan salah satu universitas prestisius di dunia. Jika berbicara mengenai alumni, para-alumni Columbia University tidak kalah sukses dengan alumni universitas Ivy League lainnya. Tasya Kamila dan Cinta Laura merupakan beberapa alumni sukses yang berasal dari Indonesia, dan masih banyak lagi alumni sukses yang dicetak salah satu universitas Ivy League ini seperti Warren Buffet, Joseph Gordon-Levitt, Timothee Chalamet, Robert Kraft, dan masih banyak lainnya.

5. Brown University

Nama Brown University memang tidak terlalu familiar, namun ternyata Universitas ini juga merupakan salah satu anggota Ivy League, terletak di Providence, Rhode Island. Universitas swasta ini memang tidak pernah main-main dalam mendidik para mahasiswanya, bisa dilihat dari banyak sekali alumni dari Brown University yang tersebar di seluruh dunia dengan kesuksesan mereka masing-masing. Nama-nama ini mungkin bisa menjadi perwakilan dan bukti akan kesuksesan Brown University dalam mendidik mahasiswanya, yang pertama adalah anak dari mantan presiden Amerika Serikat John F. Kennedy, yaitu JFK Junior yang merupakan jurnalis dan pengacara terkenal, Pengacara terkenal Andrew Yang, Pendiri CNN Ted Turner, dan masih banyak alumni sukses lainnya.

6. Dartmouth College

Almamater salah satu mantan senator Amerika Serikat, yakni Daniel Webster yaitu Datmouth College juga merupakan salah satu anggota kampus Ivy League, universitas prestisius ini merupakan univeristas swasta yang terletak di Hanover, New Hampshire. Berbicara tentang alumni, banyak sekali alumni sukses yang merupakan lulusan dari Dartmouth College ini, salah satunya adalah produser terkenal, Shonda Rimes dan juga politisi ternama Amerika Serikat, Kirsten Gillibrand.

7. University of Pennsylvenia

Almamater dari Elon Musk, salah satu orang terkaya di dunia ini juga merupakan anggota Ivy League. Universitas swasta yang terletak di Philadelpia ini terkenal akan program-program profesionalnya seperti hukum, bisnis, dan kedokteran. Berikut ini merupakan deretan alumni penting dari University of Pennsylvenia, diantaranya Donald Trump, Elizabeth Banks, John Legend, Ivanka Trump, Beau Biden, dan masih banyak yang lainnya.

8. Cornell University

Daftar terakhir dari anggota Ivy League adalah universitas swasta yang terletak di Ithaca, New York, yaitu Cornell University. Universitas ini tidak kalah prestisius dari 7 universitas Ivy League lainnya, universitas yang memiliki salah satu cabang di Doha ini sukses mencetak banyak sekali alumni sukses yang tersebar di seluruh dunia, seperti Hakim Mahkamah Agung Amerika Serikat, Ruth Bader Ginsburg. Penulis terkenal, Kenneth Hartley Blanchard. Salah satu anggota kongres Amerika Serikat, Elissa Slotki. Presiden Republik Tiongkok, Tsai Ing-wen, dan masih banyak alumni sukses lainnya.

Itulah delapan Universitas yang masuk dalam daftar universitas Ivy League, melihat nama-nama besar yang telah menjadi alumni dari beberapa universitas tersebut, menjadi bukti akan kualitas tinggi yang dimiliki oleh para kampus Ivy League ini. Apa mungkin kamu akan menjadi salah satu mahasiswa Ivy League selanjutnya?

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

One thought on “Hi Para Mahasiswa! Kamu Tau Ga Apa Itu Ivy League?

Leave a Reply

Your email address will not be published.