Gede Merta Yoga Pratama, Awardee LPDP yang Membantu Para Nelayan Melalui Teknologi

Sumber: detik.com

Di zaman serba teknologi sekarang ini, banyak sekali bermunculan berbagai macam startup, dimulai dari startup berbasis pendidikan, berbasis wisata, bisnis, dan banyak jenis startup lainnya. Nah kali ini, startup yang akan kita bahas adalah salah satu startup karya anak bangsa yaitu Fish Go karya Gede Merta Yoga Pratama. Karya pemuda asal Bali ini merupakan aplikasi berbasis navigasi yang nantinya akan membantu para nelayan dalam melacak keberadaan ikan ketika melaut.

 

Lebih lanjut, Gede Merta Yoga Pratama mengatakan bahwa ide awal terciptanya aplikasi Fish Go adalah karena ia berpikir bahwa nelayan selalu melaut tanpa persiapan yang memadai dan ditambah dengan fakta bahwa Indonesia adalah Negara maritim, hal tersebut menjadi alasan bahwa pekerjaan nelayan merupakan salah satu pekerjaan yang banyak ditekuni oleh masyarakat Indonesia. Dilansir dari berita detik.com, aplikasi Fish Go ini tidak hanya mampu melacak posisi terbaik untuk melaut, namun juga menyediakan banyak informasi seperti perkiraan cuaca berkala, rute laut yang aman, waktu yang tepat untuk melaut, dan masih banyak informasi lainnya.

 

Ide unik pembuatan aplikasi ini berawal dari game yang populer beberapa waktu lalu, yaitu Pokemon Go, berbekal ilmu yang ia dapatkan dan ide ini, Gede Merta Yoga Pratama pun mulai merealisasikan pembuatan aplikasi tersebut. Pondasi pertama yang ia gunakan adalah menggunakan ilmunya mengenai cara menentukan posisi paling strategis untuk melaut berdasarkan arus air laut. Dengan ini, Gede Merta Yoga Pratama berhasil meluncurkan aplikasinya pada tahun 2017 dan sejauh ini terbukti sudah membantu para nelayan agar bisa melaut dengan cara yang lebih aman dan juga mendapatkan hasil yang lebih banyak.

 

Fakta menarik lainnya adalah, pemuda asal bali yang menempuh studi S2 di Institut Teknologi Bandung ini merupakan salah satu penerima beasiswa LPDP, dan dengan aplikasi Fish Go buatannya ini, ia mampu merealisasikan janjinya bahwa dengan ilmunya, ia akan mengabdi kepada Indonesia.

 

Penulis: Sri Indriani Fitri

Editor: Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.