Gak Kalah Menarik, 5 Kampus ini Punya Masjid Kampus yang Megah !

Indonesia terkenal dengan masyarakat yang mayoritas beragama Islam, maka tidak heran jika Indonesia banyak memiliki banyak masjid yang unik sekaligus megah. Beberapa universitas di Indonesia ternyata juga  memiliki masjid yang tidak kalah unik dan megah. Dari sisi ornamen dan bentuk arsitekturnya hingga luas dan kapasitas untuk menampung ribuan jamaah. Nah berikut lima masjid universitas yang megah yang wajib kamu tahu, yuk simak artikel di bawah ini.

  1. Masjid Universitas Ahmad Dahlan
Sumber : islamiccenter.uad.ac.id

Masjid Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan ini berdiri sejak tahun 2015. Terdiri dari tiga lantai; terdapat aula di lantai dasar, perpustakaan dan ruang konsultasi. Sedangkan lantai dua dan lantai tiga diperuntukkan aktivitas ibadah. Selain menjadi bagunan yang cukup iconic bagi Universitas Ahmad Dahlan, masjid ini juga menjadi pusat studi keislaman dan kemuhammadiyahan. Beberapa kegiatan keagamaan juga sering dilakukan di kampus ini.

 2. Masjid Universitas Muhammadiyah Malang

sumber: kontraktorkubahmasjid.com

Masjid AR Fachruddin yang terletak di Universitas Muhammadiyah Malang. Pembangunan masjid ini menghabiskan dana hingga Rp 6 miliar dan pernah diresmikan oleh BJ Habibie pada tahun 1998. Memiliki lima lantai, kedua lantai yakni lantai tiga dan empat diperuntukkan shalat yang bisa menampung hingga 5.000 jamaah. Masjid yang memadukan tiga kebudayaan sekaligus, yaitu Jawa, Arab dan modern ini disebut-sebut sebagai masjid kampus terbesar di Asia Tenggara.

    3. Masjid Universitas Gadjah Mada

Sumber : nusagates.com

Masjid Universitas Universitas Gadjah Mada yang terletak di kawasan kampus merupakan masjid yang menjadi tempat ibadah yang dibangun pada tahun 1998. Bangunan ini terdiri dari dua lantai yang mampu menampung ribuan jamaah. Bagunan masjid ini merupakan perpaduan budaya Tionghoa, India dan Jawa juga banyak terinspirasi dari masjid Nabawi yang terlihat jelas dari bentuknya. Beberapa kegiatan keagamaan sering dilakukan di masjid ini.

4. Masjid Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Sumber : lppmnuansa.com

Masjid KH Ahmad Dahlan ini terletak di lingkungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dibagun pada tahun 2008 dengan tujuan sebagai penunjang kegiatan keagamaan di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.  Masjid ini memiliki tiga lantai, lantai dasar digunakan untuk kegiatan non akademik kampus, lantai satu dan dua difungsikan untuk keperluan sholat yang bisa menampung ribuan jamaah dan kegiatan keagamaan lainnya. Ciri khas yang cukup iconic dari masjid ini adalah langsung berhadapan dengan lapangan bintang yang juga menjadi ciri khas dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

 5. Masjid Universitas Al Azhar Indonesia

Sumber : kubahgrc.com

Masjid yang terletak di kawasan Universitas Al-Azhar Indonesia ini diresmikan dan didirikan pada tahun 1958. Sebelumnya, masjid ini dikenal dengan nama masjid Agung Kebayoran Baru. Yang menjadi ciri unik dari masjid ini adalah warna putih yang tampak seperti masjid modern meskipun masjid ini dibangun sejak lama. Ciri khas lain dari masjid ini adalah Imam pertama masjid ini adalah tokoh besar Indonesia yaitu Prof. Dr. Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau biasa dikenal dengan nama Buya Hamka. Masjid Agung Al-Azhar dibangun sebagai pusat pembinaan umat, dakwah, dan budaya Islam di kawasan kampus maupun masyarakat sekitar.

 

Nah itu dia lima masjid kampus di Indonesia yang tidak kalah megah dengan masjid-masjid lainnya. Bagaimana, tertarik untuk datang dan berkunjung?

 

Penulis : Alimah Nur Kasanah

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.