Flemish Interuniversity Council (VLIR) – ICP Connect Buka Beasiswa untuk Program Master (S2)

Flemish Interuniversity Council (VLIR) melalui program ICP Connect membuka program beasiswa bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S2 dan memiliki ketertarikan terhadap implementasi program Sustainable Development Goals (SDGs). Program beasiswa ini terbuka hanya di 29 negara terpilih yang akan berlangsung pada tahun 2022 hingga 2026.

ICP Connect merupakan program studi terakreditasi internasional yang diselenggarakan di berbagai universitas Flemish. Program tersebut berfokus pada mata pelajaran yang selaras dengan Sustainable Development Goals (SDG’s). Target dalam progam ICP Connect pada calon kandidat yaitu mereka dapat berkontibusi positif terhadap perubahan sosial masyarakat di negara atau wilayah asal mereka setelah menyelesaikan studi. Adapun program studi yang ditawarkan dapat kamu lihat di laman berikut https://www.vliruos.be/en/ongoing_calls/1523

 

Kriteria umum yang harus dimiliki oleh pendaftar adalah sebagai berikut:

  1. Kandidat yang diperbolehkan mendaftar hanya kandidat yang berasal dari salah satu dari 29 negara terpilih (termasuk Indonesia).
  2. Usia kandidat yang mendaftar per 1 januari 2022 tidak lebih dari 35 tahun untuk program master awal dan 45 tahun untuk program master lanjutan.
  3. Preferensi akan diberikan kepada kandidat yang bekerja di pendidikan tinggi, pemerintah atau masyarakat sipil, atau mereka yang menargetkan karir di salah satu sektor ini. Kandidat yang bekerja di sektor swasta atau kandidat yang baru lulus tanpa pengalaman kerja juga dapat dipertimbangkan jika memberikan motivasi dan profil yang kuat.
  4. Kandidat hanya dapat mengajukan satu aplikasi beasiswa ICP Connect per tahun.
  5. Kandidat belum pernah menerima beasiswa dari pemerintah Belgia untuk mengikuti program studi dan mungkin belum terdaftar dalam program studi di institusi pendidikan tinggi Belgia sebelum 1 Januari tahun penerimaan.

 

Kriteria khusus bagi kandidat pendaftar:

  1. Motivasi: Motivasi kandidat dan tujuan profesional harus mencerminkan kompetensi mereka dalam mentransfer pengetahuan dan keterampilan atau menyiapkan kegiatan penyuluhan dan menyoroti tema yang relevan dengan pembangunan berkelanjutan dan berkaitan dengan program studi sebagai ‘agen perubahan’.
  2. Pengalaman profesional: Preferensi akan diberikan kepada kandidat yang dapat menunjukkan peluang lebih besar untuk menerapkan dan/atau mentransfer pengetahuan/keterampilan yang baru diperoleh setelah selesai dalam konteks pembangunan berkelanjutan.
  3. Keseimbangan Gender: Keseimbangan antara kandidat pria dan wanita yang mendapatkan beasiswa ICP Connect ditargetkan. VLIR-UOS sangat mendorong kandidat perempuan untuk melamar.
  4. Keseimbangan regional: Sasaran sarjana yang masuk akal dari berbagai negara dan wilayah, asalkan ada kandidat yang memenuhi syarat yang memadai.
  5. Leave No One Behind (LNOB): Dalam hal kandidat dengan kualifikasi yang sama, preferensi akan diberikan kepada kandidat dari kelompok rentan.
  6. Belum pernah menerima beasiswa: Preferensi akan diberikan kepada kandidat yang belum pernah menerima beasiswa untuk belajar di negara berpenghasilan tinggi (sarjana atau master).

 

Cara pendaftaran program ICP Connect:

  1. Konfirmasikan kelayakan kamu berdasarkan semua kriteria yang diberikan.
  2. Lihatlah program yang dipilih (15).
  3. Pelajari lebih lanjut tentang program di situs web masing-masing.
  4. Jika kamu tertarik dengan program tertentu, kunjungi situs web universitas yang menyelenggarakannya dan ikuti petunjuknya.
  5. Di situs web universitas, ajukan permohonan untuk masuk ke program tersebut serta untuk beasiswa itu sendiri. Ketika kamu mendaftar untuk program ini, pastikan untuk menyebutkan apakah kamu ingin mengajukan permohonan beasiswa. Jangan melamar lebih dari satu program per tahun.

 

Nah bagaimana, tertarik untuk mendaftar beasiswa ini? Berikut laman yang bisa kamu kunjungi untuk mengetahui info lebih lanjutnya https://www.vliruos.be/en/

 

Sumber berita: https://www.vliruos.be/en/

Penulis: Alimah Nur Kasanah

Editor: Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.