Enam Tips Menentukan Mata Kuliah Bagi Mahasiswa

Setiap mahasiswa sebelum mengawali kuliah di setiap semesternya wajib menentukan mata kuliah yang diambil. Kamu harus tahu apakah mata kuliah yang akan diambil sesuai atau tidak dengan minat dan fokus pada topik penelitian yang akan diambil. Hal tersebut merupakan hal krusial sehingga kamu harus dapat menentukan mata kuliah yang tepat. Berikut merupakan tips yang dapat dijadikan acuan dalam menentukan mata kuliah pilihan.

 

Pertama, Seimbang

Tips yang pertama yaitu kamu harus dapat menyeimbangkan antara mata kuliah yang sulit dan mudah. Cara ini akan mempermudah kita dalam mempertahankan nilai IPK karena terlalu susah dalam belajar. Kamu dapat meminta informasi terkait mudah susahnya suatu mata kuliah kepada kakak tingkat kamu, pertimbangkan tuntuan tugas yang diberikan saat mata kuliah berlangsung dan perangkat-perangkat yang dibutuhkan dalam menjalankan tugasnya. Seperti contohnya jika kamu anak geografi dan harus mengambil mata kuliah yang tugasnya harus survei ke tempat-tempat yang jauh untuk dijangkau.

 

Kedua, Mata Kuliah Wajib

Saat memilih mata kuliah, pastikan kamu menyelesaikan mata kuliah wajib yang dijadikan syarat untuk lulus dan hanya diajarkan di semester-semester tertentu, dalam hal ini kamu harus memperhatikannya dan jangan sampai terlewatkan. Salah satu konsekuensi yang didapatkan ketika kamu tertinggal mata kuliah wajib yaitu kamu harus mengulang dengan adek mahasiswa dan terkadang kamu harus menyesuaikannya jadwal kuliah, bahkan terkadang jika terlambat kamu akan mengulang mata kuliah tersebut di semester akhir saat kamu sedang menyelesaikan skripsi. Hal ini akan sangat mengganggu dan dapat menyebabkan tertundanya kelulusan kamu ketika mengalami permasalahan tersebut.

 

Ketiga, Mata Kuliah Pilihan

Saat key-in mata kuliah, kamu akan diberikan kesempatan dalam menentukan mata kuliah pilihan. Pasikan saat menentukan mata kuliah pilihan, kamu memilih berdasarkan minat kamu dan yang berguna untuk menunjang pendidikan dan rencana karir kamu. Kamu juga dapat mengambil mata kuliah diluar jurusan yang menarik minat kamu. Pilihan seperti ini juga akan memberikan ruang refreshing dari rutinitas jurusan sehari-hari sekaligus memberikan kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru. Hindari memilih mata kuliah karena kamu ingin memberi kesan baik terhadap diri kamu kepada orang lain atau untuk memenuhi permintaan orang lain. Pastikan kamu memilih mata kuliah tersebut karena kamu menyukai bidang tersebut.

 

Keempat, Dosen

Dalam memilih mata kuliah, kamu juga harus mempertimbangkan dosen pengajar disetiap mata kuliah pilihan kamu. Terkadang setiap kamu memiliki dosen favorit dan dosen killer yang banyak dihindari oleh mahasiswa, namun ada juga mahasiswa yang memilih diajar oleh dosen killer. Sebelum fiksasi mata kuliah tersebut, kamu dapat mencari informasi kepada senior di kampus terkait dosen dan kebiasaan mengajarnya. Hal tersebut dapat dijadikan gambaran apakah kamu dapat mengikuti kuliah dosen tersebut dengan baik atau sebaliknya.

 

Kelima, Kombinasi Mata Kuliah

Kamu dapat membuat jadwal kuliah dengan mengkombinasikan beberapa bidang seperti kuliah teori dengan praktik. Hal ini ditujukan untuk menghindari kebosanan kuliah, terkadang saat menjadi seorang mahasiswa akan terdapat banyak tugas hingga membuat kamu sangat jenuh dan akhirnya malas untuk menghadiri kuliah. Salah satu antisipasi yang dapat dilakukan yaitu kombinasi pembelajaran.

 

Keenam, Penasihat Akademis (Dosen Pembimbing Akademis)

Jika kamu masih bingung dalam menentukan mata kuliah yang diambil, kamu dapat meminta saran dari dosen pembimbing akademis. Para dosen dapat memandu kamu dalam menentukan mata kuliah sesuai dengan minat kamu sehingga dapat menyelesaikan studi tepat waktu. Peranan dosen pembimbing akademis akan sangat membantu kamu disaat seperti ini.

 

Sumber        : https://edukasi.okezone.com/

Jurnalis         : Alimah Nur Kasanah

Editor           : Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.