Empat Tips Menjadi Mahasiswa Produktif di Tengah Pandemi

Sumber: uncnews.unc.edu

 

Transisi dari siswa ke mahasiswa bukanlah hal yang mudah, banyak sekali perubahan signifikan tentang sistem studi sekolah biasa dengan sistem studi perguruan tinggi, perbedaan ini kadang membuat para mahasiswa baru terkejut dan tidak jarang pula para mahasiswa baru ini terkena culture shock. Ditambah lagi dengan perubahan besar-besaran terhadap semua sistem perkuliahan akibat pandemi yang sepertinya tidak akan menghilang dalam waktu dekat. Karena pandemi ini, hampir seluruh proses studi dijalankan secara online, dimana mahasiswa benar-benar dituntut untuk mandiri.

 

Dengan adanya perubahan pada sistem pendidikan, semua proses belajar mengajar beralih menjadi online atau dalam jaringan, dimana interaksi antar mahasiswa dengan dosen, mahasiswa dengan mahasiswa lainnya dilakukan secara jarak jauh. Hal ini membuat semangat mahasiswa menjadi sangat turun ketika studi, bahkan beberapa penelitian membuktikan bahwa sistem kuliah jarak jauh ini bisa mengakibatkan learning loss atau hilangnya pengetahuan dan kemampuan siswa, baik secara spesifik atau umum, yang dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya adalah kurang efektifnya sistem belajar yang dipakai.

 

Karena beberapa alasan diatas, mahasiswa pun akhirnya menjadi kurang produktif dalam masa studinya, padahal masa kuliah adalah masa emas bagi para mahasiswa mengembangkan pengetahuan dan memperbanyak pengalaman mereka. Oleh karena itu, inilah beberapa alternatif yang bisa dicoba mahasiswa agar bisa tetap produktif walaupun sedang di tengah pandemi.

 

1) Mengikuti Seminar Online

Menjalani studi pada masa pandemi membuat mahasiswa kehilangan begitu banyak kesempatan dalam mencari ilmu tambahan, namun baik itu pihak kampus dan lembaga pendidikan tetap berusaha memaksimalkan pendidikan mahasiswa melalui seminar online. Dengan adanya kondisi pandemi seperti sekarang ini, baik itu kampus, lembaga pendidikan, startup pendidikan, semuanya berlomba-lomba mengadakan seminar berkualitas agar tetap bisa menambah pengetahuan para mahasiswa. Dari mengikuti seminar online ini, mahasiswa akan mendapatkan banyak sekali manfaat seperti pengetahuan tentang hal-hal baru, bertemu dengan orang-orang baru, menambah skill, dan tentu saja mendapatkan sertifikat, dimana hal-hal tersebut nantinya akan sangat berguna bagi mahasiswa ketika memasuki lapangan kerja.

 

2) Short Online Courses

Menjalani studi dengan sistem pertemuan jarak jauh memberikan mahasiswa beberapa keuntungan, salah satunya adalah fleksibilitas waktu, dengan hal ini mahasiswa bisa dengan leluasa membuat rencana tentang bagaimana mereka akan menghabiskan waktu senggang mereka. Salah satu hal yang dapat menjadi pilihan mahasiswa ketika di tengah pandemi adalah memilih Short online courses atau online summer school. Selama pandemi ini, banyak sekali lembaga dan kampus yang menyediakan online courses dan summer school, baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri, bahkan beberapa dari program tersebut ditawarkan secara gratis. Maka dari itu, mahasiswa bisa memanfaatkan kesempatan ini.

 

3) Mengikuti Model United Nations (MUN)

Model United Nations atau biasa disingkat MUN merupakan simulasi sidang PBB dimana para delegasi akan berperan menjadi perwakilan dari negara tertentu dan memperbincangkan banyak isu bersama-sama. Kegiatan ini sudah menjadi kegiatan populer di kalangan mahasiswa, kegiatan ini biasanya menjadi ajang untuk mempelajari budaya baru, bertemu delegasi dari seluruh dunia, dan memperluas pengetahuan. Seiring dengan perubahan yang diakibatkan oleh pandemi, acara ini pun banyak dilakukan secara virtual atau online, sehingga para mahasiswa bisa mengakses acara tersebut dari rumah. Dengan fakta ini, para mahasiswa bisa menambah produktivitas mereka dengan bergabung pada program MUN dengan mudah, bahkan beberapa program MUN tidak memungut biaya apapun dari peserta.

 

4) Online Internship

Internship atau magang merupakan hal yang tidak bisa terlepas dari mahasiswa, internship ini menjadi bagian penting karena nantinya mahasiswa yang memiliki pengalaman internship akan dipandang lebih ketika melamar kerja nantinya. Sama halnya dengan kelas yang dipindahkan secara virtual, internship pun bisa dilakukan mahasiswa secara virtual. Namun tidak semua jenis internship bisa dilakukan secara virtual, internship yang bisa dilakukan mahasiswa di tengah pandemi tanpa membahayakan kesehatan mereka biasanya adalah tipe internship berbasis teknologi seperti menjadi konten kreator, spesialis sosial media, dan admin situs resmi. Maka dari itu, untuk menambah produktivitas, mahasiswa bisa memilih jenis internship yang memberikan waktu fleksibel dan bisa dikerjakan dari rumah sehingga tidak menggangu proses kuliah.

 

Penulis            : Sri Indriani Fitri

Editor               : Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.