Empat Tips Jitu Atasi Culture Shock Ketika Berkuliah di Luar Negeri

Ketika seseorang pertama kali merantau ke luar negeri, ia sering mengalami culture shock, yaitu perasaan tidak nyaman atau kesulitan yang dialami ketika menyesuaikan diri dengan budaya baru. Culture shock bisa terjadi pada saat seseorang baru pertama kali tinggal di luar negeri, terutama jika orang tersebut tidak terbiasa dengan cara hidup, bahasa, dan budaya di negara yang dituju.

Namun, culture shock bukanlah hal yang harus ditakuti. Culture shock merupakan proses yang alami dan merupakan bagian dari proses penyesuaian diri dengan lingkungan baru. Dengan memahami dan mengatasi culture shock, seseorang bisa merasakan keuntungan dan pengalaman yang menyenangkan saat berkuliah di luar negeri.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi culture shock ketika berkuliah di luar negeri:

  1. Biasakan diri dengan lingkungan baru

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mempelajari tentang negara yang akan dituju sebelum berangkat. Baca tentang budaya, cara hidup, dan bahasa di negara tersebut. Dengan demikian, seseorang akan lebih terbiasa dengan lingkungan baru dan tidak terlalu terkejut ketika tiba di sana.

2. Temukan kegiatan yang menyenangkan

Ketika merasa tidak nyaman di lingkungan baru, seseorang bisa mencari kegiatan yang menyenangkan sebagai cara untuk mengurangi rasa stress. Cari kegiatan yang menyenangkan seperti olahraga, seni, atau kegiatan sosial lainnya.

3. Bergabung dengan komunitas

Bergabung dengan komunitas yang terdiri dari orang-orang yang memiliki latar belakang yang sama atau memiliki minat yang sama bisa menjadi cara efektif untuk mengurangi culture shock. Komunitas tersebut bisa berupa kelompok studi, kelompok seni, atau klub olahraga.

4. Bicarakan perasaan dengan orang terdekat

Culture shock bisa terasa sangat menyakitkan jika tidak dibicarakan dengan orang terdekat. Jangan ragu untuk berbagi perasaan dengan orang yang dipercayai, seperti teman atau keluarga. Mereka akan memberikan dukungan dan saran yang berguna.

 

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

 

 

Share this Post

Mungkin Anda Tertarik !

Campus Abroad

Apa Itu LoA?

LoA atau Letter of Acceptance adalah surat penerimaan yang merupakan surat yang dikeluarkan oleh universitas kepada calon mahasiswa. Surat tersebut menunjukkan bahwa calon mahasiswa tersebut

Read More »