Empat Previllage Mahasiswa Berprestasi di UMY

Halo teman mahasiswa, pernah gak sih kalian terfikir untuk aktif dalam mengikuti berbagai perlombaan di tingkat kampus? Pastinya pernah dong, tapi kalian tahu gak sih keuntungan yang kita dapatkan ketika ikut berpartisipasi mengikuti perlombaan? Nah jika kamu belum tahu terkait hal ini, yuk simak sampai selesai artikel ini.

Menjadi seorang mahasiswa berprestasi tentunya salah satu impian bagi kita semua. Setiap kampus pastinya berlomba-lomba untuk mendorong mahasiswanya agar dapat berprestasi baik di tingkat regional, nasional bahkan internasional. Tak terkecuali kampus muda mendunia Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Melalui Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA), UMY turut mendorong mahasiswanya untuk terus berprestasi dengan memberikan berbagai previllage atau hak istimewa bagi mereka. Apa saja previllage yang didapatkan mahasiswa ketika mempunya prestasi baik akademik maupun non-akademik? Berikut ulasannya.

Pertama, Peluang Mendapatkan Beasiswa

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sangat menghargai dan mengapresiasi setiap prestasi yang diperoleh oleh mahasiswanya. Salah satunya dengan memberikan beasiswa bagi mereka yang mempunyai prestasi melalui program Beasiswa Mahasiswa Berprestasi. Beasiswa ini dapat diajukan oleh setiap mahasiswa yang berprestasi pada setiap tahunnya. Pihak kampus melalui LPKA akan menyeleksi 45 mahasiswa berprestasi terpilih berdasarkan prestasi-prestasi yang pernah diraih selama menjadi mahasiswa. Jenis beasiswa yang diterima yaitu berupa pembebasan biaya SPP selama satu tahun penuh pada semester genap dan gasal di tahun ajaran yang diajukan.

Kedua, Tunjangan Intensif Prestasi

Setiap mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakata yang berprestasi memiliki hak untuk mendapatkan tunjangan intensif. Tunjangan intensif ini dapat diberikan kepada mahasiswa melalui proses pengajuan klaim prestasi di Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA). Pada hal ini, mahasiswa akan disuruh untuk mengisi form klaim prestasi dengan menunjukkan sertifikat dan dokumentasi lomba yang diikuti yang nantinya dikonfirmasi oleh pihak LPKA untuk diberikan tunjangan berupa uang intensif. Upaya ini dilakukan oleh pihak kampus sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada mahasiswanya agar tetap semangat untuk terus berprestasi.

Ketiga, Fasilitas Dukungan Perlombaan

Kampus Muda Mendunia Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berkomitmen untuk mendorong para mahasiswanya agar dapat berprestasi dan bersaing dengan berbagai kampus di Indonesia bahkan di dunia. Hal ini ditunjukkan dengan dukungan baik berupa pendampingan hingga dukungan finansial untuk akses perlombaan. Melalui supporting unit LPKA, pihak kampus memberikan fasilitas pendampingan dari awal perlombaan seperti mencari ide kreatif lomba, merumuskan masalah, persiapan presentasi hingga pendampingan secara finansial untuk mengikuti perlombaan. Perlombaan yang difasilitasi pun sangat beragam mulai dari karya tulis ilmiah, business plan, Program Kreatifitas Mahasiswa, konferensi nasional hingga internasional dan lomba-lomba lainnya. LPKA juga memberikan fasilitas Startup Incubator and Business bagi para mahasiswa yang memiliki gagasan kreatif dalam hal tersebut.

Keempat, Berpeluang Mengikuti Ajang Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional

Salah satu perlombaan paling bergengsi antar mahasiswa di tingkat nasional yaitu ajang pemilihan Mahasiswa Berprestasi. Setiap mahasiswa memiliki hak untuk mengajukan diri dalam mengikuti ajang tersebut. Bagi kalian yang memiliki banyak prestasi, ini merupakan momen penting untuk dapat bersaing dengan mahasiswa di seluruh Indonesia. Setiap kampus dapat mengajukan masing-masing satu mahasiswa untuk jenjang sarjana dan jenjang diploma sebagai perwakilan kampusnya. Pada pemilihan ini, UUMY akan menyeleksi setiap mahasiswa pada beberapa tahap dari tahap program studi, fakultas hingga universitas. Setiap mahasiswa yang lolos dalam seleksi dan mewakili fakultasnya nanti akan diinkubasi selama beberapa hari yang akhirnya akan bersaing dalam pemilihan mapres di tingkat universitas. Pemenang pada tahap ini akan mewakili kampus untuk bersaing kembali di tingkat nasional.

Dari proses-proses tersebut akan memberikan banyak sekali previllage kepada setiap mahasiswa yang berpartisipasi karena banyak ilmu dan pelajaran yang dapat diserap. Melalui proses inkubasi ini, mahasiswa akan dibekali berbagai pembelajaran guna mendorong dan mempersiapkan mereka untuk bersaing dan berprestasi.

Seru kan menjadi mahasiswa berprestasi di Kampus Muda Mendunia Universitas Muhammadiyah Yogyakarta! Banyak previllage yang didapatkan ketika kita mau untuk terus bergerak dan berkembang. Yuk terus berprestasi bersama Kampus Muda Mendunia. Kunjungi laman LPKA untuk berbagai informasi seputar prestasi melalui link https://lpka.umy.ac.id/.

 

Sumber : https://lpka.umy.ac.id/

Jurnalis : Alimah Nur Kasanah

Editor.   : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.