Empat Keuntungan Jadi Asisten Dosen

Sebagai seorang mahasiswa pasti kalian tidak asing dengan istilah Asisten Dosen atau asdos. Salah satu kata yang dapat menggambarkan posisi seorang asisten dosen yaitu ‘keren’!

Bagaimana tidak? Selain karena tidak semua mahasiswa dapat menjadi asdos, asdos juga terkenal dengan mahasiswa yang sangat pintar dan memiliki kapabilitas dalam mengajar layaknya seorang dosen sehingga dipercaya oleh dosen sebagai asistennya. Ada berbagai keuntungan yang didapatkan sebagai seorang asdos. Apa aja sih keuntungannya? Simak beberapa keuntungan sebagai asdos yang dapat membuatmu ingin menjadi asisten dosen berikut ini!

Pertama, Mendapatkan Pengalaman Mengajar dan Kesempatan Belajar di luar Kampus

Terkadang sebagai seorang dosen memiiki berbagai kesibukan, bukan hanya mengajar dikelas namun juga melakukan penelitian dan pengabdian sebagai wujud tri darma perguruan tinggi. Sehingga biasanya dosen tidak segan-segan untuk memberikan jam mengajarnya kepada asdos. Selain itu, terkadang kalian juga akan diajak dalam setiap kegiatan dosen tersebut bahkan hingga ke luar kota.

Kedua, mendapatkan gaji

Sebagai seorang asdos kalian akan mendapatkan gaji dari pihak kampus sesuai dengan jam asistensi yang kalian lakukan. Besaran gaji pada tiap-tiap kampus, jurusan dan matakuliah berbeda-beda sesuai ketentuan yang dibuat oleh masing-masing instansi.

Ketiga, memperluas relasi

Sebagai seorang asisten dosen, biasanya kita akan menemukan orang-orang baru yang kita kenal seperti dosen dan mahasiswa dari kampus lain. Dengan adanya kenalan yang kalian dapatkan akan memperluas relasi dan bermanfaat untuk kalian nantinya baik saat masih menjadi mahasiswa ataupun setelah lulus kuliah.

Keempat, berpeluang mendapatkan pembiayaan skripsi gratis

Salah satu keuntungan yang paling worth it sebagai seorang asdos yaitu peluang pembiayaan skripsi oleh dosen. Hal tersebut dapat terjadi karena dosen memiliki berbagai projek hibah penelitian yang terkadang melibatkan mahasiswa dalam projeknya. Seorang dosen diwajibkan untuk melakukan penelitian dan terkadang para dosen sangatlah sibuk dengan berbagai kegiatan kampus lainnya sehingga dosen melibatkan mahasiswa dalam menjalankan projek penelitiannya. Hal ini dirasa saling menguntungkan antara dosen dengan mahasiswa karena mahasiswa tidak perlu membayar biaya skripsi yang harusnya dikeluarkan sedangkan dosen juga terbantu dalam projek penelitiannya. Namun mahasiswa yang dilibatkan dalam projek penelitian terkadang juga diseleksi oleh dosen, nah di sinilah ketuntungan sebagai seorang asdos yang pastinya akan diutamakan oleh dosen tersebut.

Nah itulah beberapa keuntungan menjadi seorang asisten dosen. Sudah cukup tertarik kah kalian untuk menjadi asisten dosen? Atau masih membutuhkan referensi lainnya seputar dunia kampus? Jangan lupa simak artikel dan tips lainnya di berandakampus.com

 

Sumber          : https://zonamahasiswa.id/

Jurnalis          : Alimah Nur Kasanah

Editor             : Sakinah

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.