Earth Hour 2021 Hari Ini, Jangan Lupa Matikan Lampumu!

Peringatan Earth Hour merupakan sebuah gerakan global untuk mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, hingga pemerintahan di seluruh dunia untuk mematikan lampu dan alat elektronik selama 60 detik. Sebenarnya, mengapa peringatan ini penting?

Addien Fikriansyah, salah satu anggota Earth Hour Jogja dalam Webinar UMY Switch Off 2021 menuturkan gerakan ini dimulai pertama kali di Australia pada 2007 lalu. Kemudian masuk ke Indonesia pada 2010 dan dilaksanakan sampai saat ini. Gerakan ini bertujuan untuk melindungi lingkungan dan menginspirasi jutaan orang untuk peduli serta mengambil tindakan bagi Bumi dari ancaman perubahan iklim.

“Karena kampanye ini pertama kali dilakukan di luar negeri, di mana Bulan Maret di luar negeri adalah peralihan musim dari musim dingin ke panas. Kampanye ini dilakukan di minggu terakhir, biasanya saat weekend, karena weekend adalah waktu yang pas untuk setiap keluarga menghabiskan waktu di rumah. Pelaksanaannya dilakukan pada jam 20.30-21.30 waktu setempat, dimana pada jam tersebut, sudah tidak ada lagi aktivitas perkantoran,” ungkap Addien Fikriansyah, Sabtu (27/3).

Melansir dari tirto.id, gerakan ini dikoordinasi oleh World Wide Fund for Nature (WWF) dan sejumlah organisasi sukarela, salah satunya Earth Hour Jogja juga UMY Switch Off. Tidak hanya mematikan lampu, namun juga dilengkapi dengan menonaktifkan smarthphone, hingga mengganti foto profile di media sosial.

UMY Ambil Peran

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melalui Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HMM UMY) telah melakukan upaya aksi nyata guna mendukung kampanye ini. Melalui kegiatan yang bertajuk UMY Switch Off, UMY mengajak seluruh civitas akademika untuk mematikan lampu dan menonaktifkan smarthphonenya pada peringatan ini. Tahun ini telah memasuki tahun ke lima UMY Switch Off dilakukan dan kegiatan ini telah menjadi acara tahunan bagi HMM UMY.

Banyak perbedaan yang terjadi dalam pelaksanaan UMY Switch Off tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Empat tahun ke belakang, akan ada acara khusus yakni mematikan lampu dan smarthphone secara bersama-sama di lingkungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Di tahun ini, panitia UMY Switch Off akan mengajak seluruh masyarakat, tak hanya lapisan civitas akademika UMY saja untuk turut serta melakukan kampanye ini.

“Kami membuat berbagai rangkaian kegiatan di UMY Switch Off kali ini. Mulai dari lomba teka-teki silang guna membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya alam sekitar, lomba foto dengan tema mematikan lampu yang bertujuan untuk mengajak masyarakat aware terhadap kampanye ini. Selain itu di awal kami juga mengecat tembok pagar UMY sebagai bentuk pengenalan awal, kita turun langsung ke masyarakat untuk melakukan reboisasi, webinar, juga nanti akan ada pengunggahan short movie,” tutur Fajar Andika, selaku ketua pelaksana kegiatan, Sabtu (27/3).

Yuk, Ikuti Kampanye!

Sebagai generasi penerus bangsa, sebuah amanah untuk tetap menjaga lingkungan dan bumi selalu ada dalam diri kita. Kampanye Earth Hour adalah salah satu bentuk kepedulian generasi muda dalam menjaga bumi. Ada beberapa langkah yang dapat kita tempuh untuk turut serta meramaikan kampanye ini, diantaranya:

1. Matikan lampu, alat elektronik, dan gawai di hari Sabtu (27/3) pukul 20.30-21.30 waktu setempat

2. Cabut seluruh adaptor yang menancap di stop kontak

3. Mulai beralih ke alat elektronik hemat energi

4. Mulai bijak berenergi, terutama energi listrik

 

Penulis : Sri Fatimah

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.