Deretan Rekor MURI UMY: Dari Mulai Penyelanggara Conference Online Terbanyak Sampai Desain Masjid Terbanyak

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai salah satu universitas unggulan di Indonesia terus menunjukan eksitensi dan kualitasnya. Seiring dengan waktu, diumurnya yang sudah menginjak 4 dasawarsa, UMY sudah menorehkan beberapa penghargaan dengan title Internasional dan Nasional. Salah satunya adalah pengakuan dari Museum Rekor Indonesia atau MURI dengan beberapa kategori. Berikut beberapa rekor MURI yang berhasil didapatkan oleh UMY dalam kurun waktu 10 tahun kebelakang.

Doc. laman web umy.ac.id/kenalkan-autisme-melalui-rekor-muri-puzzle-kubus-bergambar-pita.html

Pada pertengahan 2013, salahsatu fakultas UMY yaitu FKIK berhasil mencatatkan nama mereka dalam MURI sebagai penyelenggara pembuatan kubus bergambar pita autisme terbanyak. Dilansir dari laman resmi UMY, FKIK bekerjasama dengan Muhammadiyah Medical Students Activities (MMSA) ingin mengenalkan kepada masyarakat tentang autisme melalui penyusunan puzzle kubus bergambar pita. Penyusunan 22 ribu puzzle ini berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Doc.https://radioedukasi.kemdikbud.go.id/read/1833/pecahkan-rekor-muri-umy-cetak-3.000-investor-muda.html

Maju ke-5 tahun ke depan tepatnya pada tahun 2018, UMY berhasil menyabet rekor MURI dengan kategori dan bidang berbeda. Pada tahun tersebut, UMY berhasil mendapatkan rekor MURI dengan ketegori mencetak investor terbanyak dalam acara Youth Vest Day yang digelas oleh KSPM UMY dengan mencetak 3000 Investor secara bersamaan. Dalam pelaksanaannya, UMY bekerjsama dengan salahsatu sekuritas rekor ini berhasil menempatkan UMY sebagai pencetak investor muda terbanyak di Indonesia.

Satu tahun kemudian, pada 2019 UMY berhasil mendapatkan kembali rekor MURI dengan kategori desain masjid terbanyak oleh Fakultas Teknik UMY. Acara yang dibarengi oleh Masa Ta’aruf (Mataf) merupakan salah satu agenda yang dicanangkan oleh FT UMY terhadap para mahasiswa barunya. Setidaknya ada lebih dari 48 model masjid dan 500 lebih essay yang ditulis langsung oleh para mahasiswa FT UMY. Hal ini sebagai pembuktian bahwa mahasiswa UMY adalah insan yang berkualitas dan memiliki skill yang akan berguna bagi masa depan.

http://masjiduna.com/rancang-masjid-modern-terbanyak-umy-masuk-rekor-muri/
Doc. web umy.ac.id

Setahun kemudian, pada tahun 2020, UMY kembali menyabet rekor MURI dengan menggelar webinar internasional pada acara the 4th ICoSI (International Conference on Sustainable Innovation) dengan disiplin ilmu terbanyak sejumlah 14 disiplin ilmu. Dilansir dari laman web resmi UMY, ICoSI merupakan ajang kegiatan tahunan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang telah dilaksanakan sejak tahun 2012 dan pada tahun ini UMY tetap berkomitmen menyelenggarakannya walau masih di tengah kondisi pandemi dengan menggelar konferensi internasional yang dilakukan daring secara serentak. Penghargaan ini juga menempatkan UMY sebagai sebagai rekor ke- 9.673 di Indonesia yang berhasil dicatat oleh MURI.

Itulah 4 dari sekian banyak deratan rekor MURI yang berhasil ditorehkan oleh UMY dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Rekor tersebut selain menjadi penghargaan selama hayat juga menjadi pembuktian UMY sebagai salah satu universitas besar di Indonesia.

 

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.