Dear Mahasiswa, Ini 3 Alasan Pentingnya Memiliki Sertifikat Kompetensi

Seperti yang kita ketahui bersama sertifikasi kompetensi adalah program yang dilaksanakan oleh suatu lembaga resmi untuk memberikan tanda pengakuan berupa sertifikat. Sertifikat ini akan menjadi bukti apakah kamu berkompeten atau tidak, dengan cara dilakukan secara teknis dan sistematis melalui segala rangkaian uji kompetensi. Salah satu lembaga resmi yang dapat memberikan sertifikat kompetensi profesi adalah Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Nah tentunya ada beberapa keuntungan bagi kamu yang memiliki sertifikat kompetensi ini yang nantinya sangat berguna sebagai nilai jual lebih diri kamu terhadap perusahaan yang menyeleksimu. Diantaranya adalah:

1. Kamu Tidak Perlu Membuang Banyak Tenaga Untuk Menjelaskan Kemampuanmu

Perlu diketahui bahwa perusahaan yang menyeleksimu tidak memiliki banyak waktu untuk mendengarkan penjelasan kemampuanmu saat wawancara. Kamu juga bersaing dengan ribuan orang lainnya yang mengincar satu kesempatan itu. Di sinilah peran sertifikat itu datang sebagai penyelamatmu. Karena sertifikasi ini dilakukan oleh lembaga resmi dan juga berlisensi dan dengan ujian kompetensi sesuai dengan standar kebutuhan. Kamu cukup melampirkan sertifikat kompetensi yang sudah kamu kantongi pada berkas lamaran kerjamu untuk menunjukkan bahwa kamu memiliki kompetensi yang perusahaan butuhkan.

2. Kesempatan Kerja yang Lebih Besar Dibandingkan Orang Lain

Sertifikasi kompetensi ini merupakan bukti bahwa kamu sudah memiliki kompetensi terkait yang dibutuhkan di bidang yang kamu inginkan. Dibandingkan mereka yang tidak memiliki sertifikat ini kamu sudah lebih unggul diantara mereka. Kesempatanmu untuk berkerja di sana akan semakin lebar.

3. Kamu Lebih Terlihat Menonjol Dibandingkan Saingan Pendaftar Lainnya

Sertifikasi kompetensi merupakan salah satu dokumen yang memuat informasi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi dari lulusan pendidikan tinggi bergelar. Karena sertifikasi ini tidak dimiliki oleh semua orang dan tidak sembarangan orang yang dianggap berkompeten. Sehingga kamu menjadi lebih terlihat dibandingkan yang lainnya.

Itulah alasan betapa pentingnya kamu memiliki sertifikat Kompetensi profesi ini, semoga bermanfaat.

 

Penulis : Alim Javier Ardyansyah

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.