Daftar Program Student Exchange dan Internship UMY di Kampus Eropa


Pertukaran mahasiswa atau student exchange beberapa tahun ini menjadi program yang sering sekali diikuti oleh seluruh mahasiswa di Indonesia. Banyak sekali manfaat yang didapatkan mahasiswa dari program pertukaran mahasiswa ini, seperti bisa meningkatkan kemampuan bahasa, menjadi lebih mandiri, mengenal budaya baru dan perspektif baru yang lebih luas, dan masih banyak manfaat lainnya. Salah satu universitas yang menyediakan banyak sekali program pertukaran mahasiswa adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas dengan slogan “Muda Mendunia” ini menawarkan banyak sekali program pertukaran mahasiswa dan program internship, tidak hanya di negara-negara di Asia, namun juga di negara-negara yang ada di Eropa.

Bagi kamu mahasiswa UMY, biasanya kamu bisa mengikuti program pertukaran mahasiswa ini saat kamu sudah berstatus sebagai mahasiswa on-going. Untuk menemukan informasi mengenai semua hal tentang pertukaran mahasiswa ini, kamu bisa mengunjungi laman resmi UMY yang membahas tentang semua program internasional di iro.umy.ac.id. Di laman resmi ini kamu bisa menemukan semua hal terkait program internasional yang dimiliki oleh UMY, seperti summer course, pertukaran mahasiswa, international students, dan masih banyak hal lainnya. Sekarang, mari kita bahas satu persatu daftar kampus Eropa yang masuk dalam program pertukaran mahasiswa di UMY.

  1. University of Savoie Mont Blanc
Sumber: free-apply.com

Universitas pertama yang masuk dalam daftar program pertukaran mahasiswa UMY adalah program internship ke University of Savoie Mont Blanc. Universitas ini berada di negara Perancis, tepatnya di kota Chambery, yang bisa ditempuh dari kota Paris dengan kereta. Perguruan tinggi satu ini memang masih tergolong muda, karena baru saja berdiri beberapa puluh tahun silam, tepatnya pada tahun 1979. Walaupun tergolong kampus yang masih muda, universitas ini berhasil masuk dalam daftar perguruan tinggi yang diperhitungkan di Perancis. Sayangnya, program pertukaran mahasiswa yang tersedia di University of Savoie Mont Blanc ini hanya bisa diikuti oleh mahasiswa dari Fakultas Teknik.

2.  Universidad Jaume I

Sumber: upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/14/UJI_%282%29.jpg

Universitas selanjutnya adalah universitas yang terletak di Spanyol, tepatnya di kota Castelló de la Plana. Kabar baiknya adalah, program pertukaran mahasiswa berdurasi satu semester ke universitas ini terbuka untuk mahasiswa semua jurusan.

3. Universidad Autónoma de Madrid

Sumber: https://www.yerun.eu/wp-content/uploads/2017/07/48-1600×1067.jpg

Universitas selanjutnya adalah Universidad Autonoma de Madrid, universitas yang tentu saja terletak di kota Madrid ini merupakan universitas yang diklaim mampu mencetak mahasiswa yang siap terjun ke dunia kerja, seperti survei yang mengatakan bahwa 80% alumni dari universitas ini langsung bekerja setelah lulus. Namun program UMY untuk universitas ini hanya terbuka bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, berupa program internship.

4. Universitat Autònoma de Barcelona

Sumber: onlineinternationallearning.org/partner-university/universitat-autonoma-de-barcelona/

Program UMY di kampus Eropa selanjutnya adalah di salah satu universitas di kota yang sama dengan stadion sepak bola Camp Nou yaitu Universitat Autònoma de Barcelona, kabar baiknya adalah program yang ditawarkan berupa program internship dan bisa diikuti oleh mahasiswa UMY dari semua jurusan.

5. Universitat Pompeu Fabra

http://www.guninetwork.org/news/pompeu-fabra-university-becomes-member-guni-network

Universitat Pompeu Fabra juga berlokasi di Barcelona, Spanyol. UMY menawarkan program internship berdurasi satu semester, dan hanya terbuka bagi mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

6. Universidad de Murcia

Sumber: rosmiman.com/wp-content/uploads/2020/06/U_Murcia_2-scalia-gallery-fullwidth.jpg

Universidad de Murcia ini juga berlokasi di Spanyol, universitas ini menghasilkan banyak sekali tokoh-tokoh penting, baik itu di luar dan di dalam Spanyol, salah satunya adalah mantan menteri kebudayaan dan olahraga Spanyol yaitu José Guirao. Untuk mencari tahu lebih detail tentang program internship yang ditawarkan, kamu bisa mengunjungi website IRO UMY di iro.umy.ac.id dan website Universidad de Murcia di https://www.um.es/.

7. Technische Universiteit Eindhoven

Sumber: https://innovationorigins.com/en/how-important-is-asml-as-an-employer-of-tu-e-graduates-an-example-from-one-research-group/

Jika universitas-universitas sebelumnya didominasi oleh universitas yang berlokasi di Spanyol, Technische Universiteit Eindhoven ini berlokasi di Belanda, tepatnya di kota Eindhoven. Universitas Teknik Eindhoven ini memiliki program Internship yang terbuka bagi seluruh mahasiswa UMY dari Fakultas Teknik.

8. Adam Mickiewicz University

Sumber: univerlist.com/media/images/university/poz_cov_min.jpg

Universitas terakhir yang masuk dalam daftar adalah Adam Mickiewicz University, universitas yang berada di Polandia, tepatnya di kota Poznan membuka kerja sama dengan UMY dengan mengadakan program internship yang terbuka bagi seluruh mahasiswa UMY, terkecuali mahasiswa jurusan Ekonomi.

Itulah beberapa program pertukaran mahasiswa dan internship yang dimiliki UMY di beberapa kampus di Eropa, untuk timeline pendaftaran dan proses seleksi, kamu bisa langsung mengunjungi laman resmi IRO UMY, di laman tersebut akan tersedia semua informasi seperti deadline pendaftaran, laman resmi kampus mitra di Eropa, dan informasi penting lainnya.

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.