Daftar Program Kampus Merdeka Yang Patut Kamu Coba

Sumber: https://www.its.ac.id/wp-content/uploads/2021/10/kampus-merdeka.png

 

Sistem pendidikan tinggi di Indonesia sedang gencar-gencarnya menerapkan perubahan sistem, dimana tujuan inti dari perubahan tersebut adalah agar tercetaknya lulusan-lulusan yang memiliki kompetensi lebih dan mumpuni ketika lulus nanti. Salah satu dari upaya tersebut datang dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dengan kebijakan merdeka belajar melalui program-program Kampus Merdeka. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi seluruh mahasiswa di Indonesia untuk mengasah kemampuan mereka dengan terjun langsung ke lapangan dan mendapatkan kesempatan belajar di lingkup yang lebih luas agar nantinya mampu mencetak lulusan-lulusan terbaik.

 

Kampus merdeka memiliki banyak sekali program-program yang dirancang agar bisa menciptakan lulusan yang kompeten di bidang mereka masing-masing, beberapa diantaranya adalah program kampus mengajar, program pertukaran mahasiswa, riset dan penelitian, studi independen, dan banyak program lainnya. Yuk bahas satu persatu deretan program Kampus Merdeka yang patut kamu coba!

 

Indonesian International Mobility Awards (IISMA)

Program kampus mengajar pertama yang sangat populer dikalangan mahasiswa adalah Indonesian International Mobility Awards atau biasa dikenal dengan program IISMA. Singkatnya, program ini merupakan program pertukaran mahasiswa ke luar negeri dengan tujuan untuk mengembangkan minat dan potensi mahasiswa. Dalam program ini, kamu akan menerima fasilitas penuh mulai dari registrasi, tuition fee kampus tujuan, biaya transportasi, living costselama program, asuransi kesehatan, biaya visa, bahkan biaya untuk PCR atau antigen. Deretan universitas tujuan pun sangat beragam sehingga kamu bisa memiliki banyak opsi untuk menentukan universitas tujuan sesuai kebutuhan dan minat kamu.

 

Bangkit by Google, Goto, dan Traveloka (Periode registrasi 26 November 2021 – 31 Desember 2021)

Program Kampus Merdeka lainnya yang patut kamu coba adalah program Bangkit. Program ini bertujuan untuk melatih skills di bidang teknologi seperti machine learning, mobile development, and cloud computing. Program ini terbuka bagi mahasiswa S1 dan D4 minimal semester 5, mampu untuk memenuhi setidaknya 40 jam dari total aktivitas yang ada perminggunya, mampu menyelesaikan seluruh assignments yang diberikan, dan beberapa persyaratan lainnya. Program Bangkit ini didesain agar para penerima nya memiliki kesiapan karir yang matang untuk bekerja di perusahaan teknologi.

 

Magang

Tujuan utama dari semua program kampus merdeka adalah memperbanyak pengalaman dan pengetahuan mahasiswa mengenai dunia kerja dan penerapan ilmu di lapangan, hal ini membuat kampus merdeka menyediakan banyak sekali program-program magang. Program magang di Kampus Merdeka terbuka di berbagai sektor industri seperti jasa, teknologi, bahkan di beberapa perusahan di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

 

Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Ingin merasakan belajar di Universitas lain? Program satu ini mungkin akan muncul sebagai opsi terbaik. Program Kampus Merdeka yang satu ini merupakan program yang dibuat agar mahasiswa bisa memiliki pengalaman untuk bertukar dan mempelajari budaya, membangun networking seluas-luasnya, serta memiliki kesempatan untuk belajar di kampus lain di Indonesia.

 

Itulah beberapa program Kampus Merdeka yang patut kamu coba. Jika empat program diatas dirasa belum memenuhi kebutuhan yang kamu cari, masih banyak program Kampus Merdeka lainnya yang patut dicoba seperti program proyek kemanusiaan, program pejuang muda kampus merdeka, program studi independen, program kampus mengajar, program Gerakan Inisiatif Listrik Tenaga Surya (Gerilya), dan masih banyak program lainnya.

 

Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa mengunjungi laman resmi Kampus Merdeka di https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/. Laman resmi tersebut memuat informasi lengkap mengenai semua program mulai dari persyaratan, regulasi, manfaat, hingga tugas-tugas yang harus dikerjakan selama mengikuti program. Dengan semua informasi tersebut, kamu bisa memutuskan program mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan minat kamu.

 

Penulis: Sri Indriani Fitri

Editor: Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.