Daftar Part Time yang Cocok Buat Mahasiswa

Memiliki jadwal kuliah yang cukup senggang, mungkin membuat sebagian dari mahasiswa merasa bosan. Akhirnya tak jarang mahasiswa memanfaatkan kesempatan ini dengan bekerja paruh waktu. Pekerjaan paruh waktu ini biasanya disebut sebagai “Part Time”.  Nah, berikut daftar jenis Part Time yang bisa kamu ambil sambil berkuliah :

  1. Virtual Assistant

Pekerjaan ini seperti namanya, artinya dilakukan secara online. Virtual Assistant meliputi admin sosial media, mengirim, membalas dan menerima e-mail, merekap surat-surat, membuat jadwal dan lain-lain. Biasanya pekerjaan ini bisa dikerjakan di rumah tanpa harus ke kantor.

  1. Pelayan Café

Menjadi pelayan café, mungkin sudah sangat familiar. Terlepas banyaknya mahasiswa di kota-kota besar melakukan pekerjaan ini. Seperi di Jakarta, Bandung, Jogja dan lain-lain. Banyak mahasiswa yang mendaftar untuk bekerja sebagai pelayan cafe. Biasanya, mahasiswa mengambil Café-Café di tengah kota atau di dekat kampus.

  1. Barista

Seorang pria yang suka ngopi, memiliki paras yang menawan dan menarik perhatian. Berpenampilan menarik dan terlihat keren, adalah pekerjaan yang cocok untuk menjadi seorang Barista. Meskipun demikian, sebenarnya Barista bukan hanya untuk pria. Namun memang, kebanyakan pekerjaan ini lebih diutamakan seorang laki-laki.

  1. Fotografer, Editor dan Videografer

Pekerjaan ini menjadi pekerjaan yang cukup mudah bagi beberapa mahasiswa. Bagaimana tidak, pekerjaan ini biasanya diawali dari sebuah hobi. Kemudian, berkembang menjadi hobi yang menghasilkan pekerjaan. Mahasiswa Jurusan Komunikasi biasanya mengambil pekerjaan ini. Namun, bukan hanya jurusan komunikasi nyatanya. Tapi mereka yang punya hobi fotografer, mengedit video, dan videografer juga bisa mengambil pekerjaan ini.

  1. Freelance Journalist

Memiliki bakat menulis, menyukai menulis dan menjadikannya sebuah hobi, mungkin menjadi keuntungan bagi mereka. Mereka yang menyukai bidang ini dapat mengembangkan hobi tersebut menjadi pekerjaan yang menghasilkan pundi-pundi rupiah. Pekerjaan ini biasanya direkrut di berbagai perusahaan, seperti surat kabar dan instansi-instansi seperti sekolah, universitas dan lain-lain.

  1. Konten Kreator

Memposting foto dengan desain feed Instagram yang menarik. Bukan menjadi hal yang tak mungkin dapat menjadi pekerjaan. Pekerjaan ini disebut sebagai Seleb Sosial Media atau yang sering kita dengar sebagai Selebgram dan Selebtiktok. Cukup dengan menyiapkan konten-konten menarik kemudian mempromosikannya. Bukan hal yang tak mungkin menjadi viral dan menghasilkan pundi rupiah. Biasanya para Konten Kreator ataupun Seleb Sosial Media, akan dipercaya untuk mempromosikan sebuah produk. Dimana mereka akan mendapatkan bayaran dari promosi tersebut.

  1. Ojek Online

Memiliki kendaraan dan helm sudah sangat cukup untuk memenuhi syarat menjadi ojek online. Pekerjaan ini bisa dilakukan siapa saja. Tentu yang terpenting kamu bisa mengendarai motor dengan baik. Pekerjaan ini bisa dilakukan kapan saja dan tak harus setiap hari. Tak jarang banyak mahasiswa melakukan pekerjaan ini.

Setelah mengetahui Profesi Part Time di atas, jadi apakah pilihan kamu?

 

Penulis : Gina Fauziyah

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.