Daftar Kampus yang Membuka Beasiswa Bulan Mei – September

Dear scholarship hunter, please jangan capek dulu cari universitas yang membuka program sesuai dengan apa yang kamu mau dan ada beasiswanya juga. Memang berat di awal, namun jika kamu punya tekad dan niat yang besar insyaa Allah, Allah akan membantumu menunjukkan jalan terbaik. Nah, berikut daftar kampus yang membuka beasiswa di pertengahan tahun (bulan Mei – September). Mungkin ini bisa jadi alternatif kalian ya.

1. INPEX Scholarship Jepang (S2)

INPEX Corporation atau yang dikenal Indonesia Petroleum, Ltd kembali menawarkan beasiswa bagi lulusan S1 yang ingin melanjutkan kuliah S2 khususnya pada bidang Natural Science (Ilmu Alam) di universitas yang ada di Jepang dalam program INPEX Scholarship 2021 for Indonesian (Beasiswa INPEX). Cabang-cabang utama dari ilmu alam tersebut diantaranya: Astronomi, Biologi, Ekologi, Fisika, Geologi, Geografi, Ilmu Bumi, Kimia, dan sebagainya. Dari beasiswa tersebut, nantinya akan dipilih 3 pelamar sekaligus dari Indonesia.

2. MEXT Scholarship Jepang (S1-S3)

Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/MEXT) menawarkan beasiswa bagi yang ingin belajar di universitas pascasarjana di Jepang sebagai research students. Selain itu pelamar juga dapat langsung menempuh jenjang S2/S3 tanpa jalur research students terlebih dahulu apabila telah mendapatkan izin dari profesor pembimbing di universitas di Jepang.

3. Chevening Scholarship UK (S2)

Chevening adalah program beasiswa internasional dari pemerintah Inggris yang didanai oleh Foreign, Commonwealth and Development Office. Beasiswa ini menawarkan program untuk menempuh pendidikan S2 atau master degree di Inggris selama satu tahun dan didanai penuh.

4. DAAD-EPOS Scholarship Jerman (S2/S3)

Beasiswa DAAD merupakan beasiswa dari Kementerian Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) Jerman. Namun perlu diketahui bahwa beasiswa ini lebih fokus untuk orang yang sudah memiliki pengalaman kerja kurang lebih 2 tahun.

5. Stefan Banach Scholarchip Polandia (S2)

Dulunya, beasiswa ini dikenal dengan nama Ignacy Łukasiewicz. Pada tahun 2021 beasiswa Ignacy bergabung dengan beasiswa Stefan Banach yang juga menyasar negara-negara berkembang. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang akan menempuh pendidikan program pascasarjana di bidang science and engineering. Jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa ini, nantinya kamu diwajibkan untuk menjalani pendidikan bahasa dan budaya Polandia minimal 1 semester.

 

Penulis : Idhea Cantika

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.