Daftar Jurusan SNMPTN 2022 Sepi Peminat, Namun Peluang Kerja Besar

Memilih jurusan menjadi momok masalah tersendiri untuk anak yang hendak lulus SMA. Apalagi ditambah dengan semakin banyak pilihan jurusan yang beragam. Minat dan Bakat menjadi salah satu faktor penting dalam memilih jurusan. Dengan mengetahui passion yang Anda miliki, tentunya dapat lebih mudah menentukan jurusan untuk menunjang passion tersebut. Selain itu, masuk jurusan yang sesuia dengan minat dan bakat akan membuat Anda lebih betah dan nyaman dalam menjalani proses perkuliahan.

Jurusan SNMPTN 2022 Sepi Peminat 

Jurusan yang ada di kampus memang banyak jenis dan ragam ilmunya, membuat Anda menjadi bingung mau masuk jurasan yang mana. Kebanyakan orang karena tidak mau ambil pusing memilih jurusan favorit yang ramai dan terkenal, seperti Jurusan hukum, kedokteran, manajemen, akuntansi, farmasi, dan lain sebagainya. Untuk jurusan favorit yang notabene prospek kerja dan peluang kerjanya kedepannya memang lebih banyak. Namun, Anda harus bersaing dengan ribuan sarjana dari kampus lain yang mempunyai jurusan yang sama.

Eits jangan salah, terdapat banyak jurusan lain yang ternyata sepi peminatnya namun mempunyai prospek dan peluang kerja yang besar. Untuk orang awam mungkin beranggapan jika jurusannya sepi peminat bakal susah mendapatkan pekerjaan atau setelah lulus bingung mau ngapain.

Mungkin karena kurang nya sosialisasi dan promosi pada jurusan tersebut membuatnya kurang diketahui oleh calon mahasiswa yang hendak masuk kuliah, sehingga menjadikan jumlah pendaftarnya sedikit. Tapi siapa sangka, jurusan dibawah ini malah justru sepi peminat, namun peluang kerjanya besar. Berikut ulasannya.

Jurusan Oseanografi 

Siapa nih diantara kalian yang dengan hal yang berbau kelautan ? Nah, jurusan oseanografi merupakan salah satu cabang turunan dari ilmu kelautan. Jurusan Oseanografi akan mempelajari berbagai fenomena laut, yang kemudian nantinya dapat diaplikasikan ke berbagai bidang, seperti lingkungan, mitigasi bencana laut, perikanan, dan masih banyak lagi.

Mata kuliah yang bakal Anda dapatkan di jurusan ini diantaranya yaitu Komputasi, Oseanografi, Oseanografi Kimia, Selam dan Navigasi Laut, Pasang Surut, dan masih banyak lagi mata kuliah yang berbau kelautan. Nah, lulus dari jurusan ini, Anda mempunyai peluang kerja yang cukup luas, karena Anda dapat bekerja di berbagai industri perusahaan, terutama yang berhubungan dengan kelautan.

Selain itu lulusan Oseanografi juga dapat menjadi oceanographer, coastal modeler, oceanographic surveyor, metocean engineer, marine seismic navigator, hydrographic surveyor, peneliti di berbagai lembaga swasta atau pemerintahan, dan menjadi tenaga pengajar. Gaji yang ditawarkan untuk para fresh graduate dapat mencapai 10 juta per bulan, lho! Jika Anda tertarik ingin masuk jurusan ini, ada 2 PTN ternama yang menyediakan jurusan Oseanografi yakni Institur Teknologi Bandung dan Universitas Diponegoro.

Jurusan Antropologi Sosial 

Antropologi Sosial adalah turunan dari bidang studi Ilmu Antropologi yang mempelajari hubungan antara orang-orang dalam satu kelompok masyarakat dan budaya suatu etnis, mulai dari perilaku dan keanekaragamannya. Cocock banget nih buat Anda yang suka dan tertarik dengan hubungan antar manusia dan budaya. Apabila Anda mengambil jurusan ini, Anda akan belajar Antropologi Pariwisata, Studi Tubuh Nalar dan Masyarakat, Sejarah Teori Antropologi, Kebudayaan Manusia, dan masih banyak lagi.

Para lulusan Antropologi mempunyai prospek kerja yang cukup luas dan dapat bekerja di berbagai industri. Namun pada umumnya, para lulusan ini bergelut dibidang akademik dan riset. Peluang kerja lulusan Antropologi diantaranya yaitu, peneliti, dosen, wartawan, HRD, manajer SDM, konsultan masyarakat, PNS, dan masih banyak lagi. Jika Anda tertarik dan ingin masuk ke jurusan Antropologi Sosial, terdapat 4 PTN ternama yang menyediakannya yaitu Universitas Indonesia, Undip, Universitas Brawijaya, dan Universitas Sumatra Utara.

Jurusan Ilmu Perpustakaan 

 Banyak yang beranggapan jurusan ilmu perpustakaan hanya belajar seputar tentang buku saja dan ujung-ujungnya jadi penjaga perpustakaan saja. Faktanya, jurusan ini tidak hanya mempelajari ilmu kepustakaan saja, melainkan juga bidang arsip dan informasi. Jurusan ini cocok buat suka bermain dengan data, berinteraksi dengan manusia, dan berimprovisasi di lembaga informasi.

Beberapa mata kuliah yang bakal Anda dapatkan jika masuk ke jurusan ilmu perpustakaan diantaranya yakni Administrasi Lembaga Informasi, Pangkalan Data untuk Lembaga Informasi, Sistem Pemberkasan, Sumber dan Jasa Informasi, Administrasi Arsip, dan masih banyak lagi.

Setelah lulus Anda mempunyai peluang kerja yang cukup luas, sebab hampir di seluruh instansi ataupun perusahaan membutuhkan tenaga ahli dibidang kepustakaan dan kearsipan. Anda dapat menjadi pustakawan, document controller, sekretaris, indexer, administrasi arsip, usaha percetakan dan penerbitan buku. Jika Anda menjadi pustakawan di Instansi pemerintahan, gaji yang akan didapatkan minimal UMR, dan itu belum termasuk tunjangan ya.

Jurusan Astronomi 

Jurusan Astronomi termasuk jurusan yang sepi peminatnya. Mungkin karena banyak yang belum mengerti mengenai jurusan ini, tidak tahu prospek kerjanya, dan menganggap materi yang dipelajari terlalu sulit. Jurusan ini cocok buat Anda yang suka mengamati benda langit. Karena, pada jurusan ini Anda bakal fokus mempelajari mengenai alam semesta dan benda-benda langit. Jurusan ini memerlukan minat dan kemampuan yang kuat dalam hal hitung-menghitung. Karena bakal sering menemui rumus-rumus yang berkaitan dengan matematika dan fisika.

Prospek kerja dari lulusan Astronomi terbilang cukup menjanjikan, pasalnya gaji yang diperoleh perbulannya kisaran antara 4 – 30 jutaan. Uniknya, sampai detik ini, perguruan tinggi negri yang menyediakan jurusan Astronomi hanya ada di Institut Teknologi Bandung (ITB). Tidak hanya satu-satunya di Indonesia, melainkan se-Asia Tenggara. Keren banget bukan !

Jurusan Kehutanan 

Jika Anda mempunyai ketertarikan pada alam mungkin jurusan kehutan bisa menjadi alternatif pilihan mu. Jurusan ini memang tidak sepopuler jurusan favorit lainnya seperti Kedokteran ataupun Akuntansi, namun peluang kerja setelah lulus nanti cukup luas. Dengan masuk jurusan kehutanan, ketika bekerja nanti, Anda turut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian hutan di alam Indonesia, melihat jumlah hutan di Indonesia cukup luas serta rentan terhadap penyalahgunaan.

Setelah lulus nanti, Anda berpeluang bekerja sebagai peneliti, pegawai BUMN, perusahaan perkebunan, bekerja di lembaga birokrat seperti dinas kehutanan, balai pengelolaan, hingga kementrian. Tidak menutup kemungkinan juga Anda berkesempatan kerja di badan konservasi ternama seperti WWF, Wildlife Conservation Society, Conservation International, dan lainnya.

Nah, itu adalah 5 jurusan yang sepi peminat namun mempunyai prospek kerja dan peluang kerja yang cukup menjanjikan. Semoga daftar jurusan tadi dapat menjadi referensi jurusan yang akan kamu pilih berdasarkan minat dan bakat kamu.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.