CV Kamu Kurang Menarik? Ikuti Cara Ini!

Sudah menjadi rahasia umum bahwa CV adalah alat atau senjata utama kita untuk masuk ke sebuah perusahaan swasta maupun instansi pemerintah. Hampir semua jenis pekerjaan mencantumkan CV sebagai syarat wajib apply lamaran. Ada beberapa perusahaan yang memang menghendaki CV kamu biasa aja atau standar tapi sekarang juga sudah banyak lho perusahaan yang menuntut kreativitas kamu dalam membuat CV.

Jika kamu merasa CV kamu kurang menarik dari segi tampilan, coba gunakan Canva sebagai ‘Best Alternative’. Dengan menggunakan Canva kamu tidak perlu pusing atau risau bagaimana desain CV kamu karena Canva menawarkan template CV secara gratis kepada para penggunanya, jadi kamu hanya perlu edit atau recreate template tersebut sesuai dengan keinginan kamu. Tapi jangan membuat CV kamu terlalu ramai dengan ornamen-ornamen yang tidak penting yah karena ini bisa disebut ‘berisik’ secara virtual.

Lalu, hal apa saja yang harus ada di dalam CV kamu selain informasi pribadi?

1. Foto

Hal ini termasuk hal wajib yang tidak bisa kamu skip apabila membuat CV, foto ini juga ada kriterianya lho; foto terbaru, terlihat profesional (bukan foto selfie ya hehe), background bebas asalkan tidak terlalu mencolok, tetap timbulkan kesan bahwa foto kamu yang utama bukan backgroundnya.

2. Summary atau Tentang Saya

Sebenarnya ‘optional’ namun di beberapa situs ‘CV Checker’ menyarankan untuk menggunakan Summary agar HRD dapat membaca poin tentang dirimu sebelum mereka membaca satu persatu bagian yang ada di CV kamu. Dalam Summary kamu bisa menggunakan contoh berikut, “ Saya seorang freshgraduate yang memiliki kemampuan dalam fotografi dan juga videografi. Saya sangat menyukai tantangan dalam kreativitas dan antusias terhadap tugas, pekerjaan, maupun project baru’’ atau bisa kamu sesuaikan dengan hal apa yang ingin kamu tonjolkan.

3. Pendidikan Formal

Untuk menghindari CV yang ‘berisik’ kamu bisa mencantumkan pendidikan terakhir dari tamat SMA hingga kuliah saja, misal:

S1 – Ilmu Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (2016 – 2020), IPK 4,00

IPS – SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Rata UN 9.9

Dalam jenjang perkuliahan, penting untuk menuliskan nilai Indeks Prestasi Komulatif (IPK) karena hal ini juga bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan HRD untuk merekrut kamu.

4. Software

Pastikan Software Ms. Office masuk dalam CV kamu ya, baru kemudian tambahkan software lain jika ada dan jangan lupa memberikan kemampuan skill atau nilai dalam software yang kamu cantumkan. Contoh : Miscrosoft Word 80%, Microsoft Powerpoint 70%, Photoshop 90%, Adobe Premiere Pro 90%

5. Pengalaman (Magang dan Organisasi)

Least but not least kamu bisa mencantumkan pengalaman kamu selama kuliah seperti pengalaman organisasi dan magang, pastilah hal ini sangat penting diketahui oleh HRD untuk mengetahui jiwa kepimpinan yang kamu punya. Berikut contohnya:

Pengalaman Organisasi :

Ketua Tim Kreatif (2018-2019)

Cinema Club UMY

Mengoordinasi dan membantu tim menciptakan ide kreatif.

Pengalaman Magang :

Tim Creative ( Jan – Apr 2020 )

PT. NET Mediatama

Membantu tim kreatif selama pra – produksi – pasca produksi

 

Setelah mengubah dan menambah beberapa bagian di CV kamu, make sure tidak ada kesalahan tanda baca atau angka dan hindari menggunakan multi-language di CV kamu, and the last part sebelum kamu mengirim CV beserta lamaran ke HRD yuk berdoa semoga CV kamu dilirik HRD dan mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan. Semangat!

 

Penulis : Idhea Cantika

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.