Cristiano Ronaldo, Pemain Sepak Bola yang Jadi Mata Kuliah di Universitas Top Kanada

 

Siapa sih yang tidak mengenal Cristiano Ronaldo? Kehebatan dan prestasinya sudah diperbincangkan dimana-mana. Pemain sepak bola asal Portugal yang mengawali karirnya di Club Sporting Lisbon ini telah menarik perhatian banyak orang diseluruh dunia. Tidak hanya prestasi dan kehebatannya, namun gaya hidup dan gerak-geriknya menjadi sebuah daya Tarik khusus.

Dengan fakta diatas, tak ayal jika Ronaldo menjadi sebuah fenomena di dunia sepak bola. Bahkan beberapa tahun lalu, aksinya memindahkan botol soda dalam sebuah event cukup membuat harga saham dari produk tersebut anjlok hingga puluhan persen dalam waktu satu hari. Hal ini menunjukan betapa besarnya pengaruh yang dimiliki oleh Ronaldo. Hal ini membuat nama Cristiano Ronaldo diabadikan menjadi salah satu mata kuliah pada jurusan Sosiologi di The University of British Columbia (UBC) Okanagan, Kanada.

University of British Columbia (UBC) adalah universitas riset publik dengan kampus-kampus yang terletak di Vancouver dan Kelowna, British Columbia. Didirikan pada tahun 1908, UBC merupakan universitas tertua di British Columbia.

Adalah Prof. Luis M Aguiar, tokoh yang tertarik meneliti wacana publik mengenai Ronaldo dan mencetuskan ide untuk menjadikan Ronaldo sebagai mata kuliah. Dilansir dari laman kompas.com, pemilihan Ronaldo merupakan perwujudan dari kecepatan, kekuatan, dan daya saing yang dikombinasikan dengan etos kerja keras, disiplin, dan kemampuan adaptasi. Hal ini menurut Prof. Luis akan senada dengan program studi Sosiologi yang meneliti tentang tindak laku seseorang dan lingkungan sekitar. Ronaldo akan disangkutkan dengan budaya yang ada, sehingga dalam mata kuliah tersebut tidak hanya mempelajari Ronaldo dengan sepak bola dan gaya hidup, namun akan mempelajari hubungannya dengan Madeira, yakni kota dimana Ronaldo lahir.

Mata kuliah yang sangat unik! Apakah kalian tertarik dengan mata kuliah ini?

 

Source             : kompas.com, Wikipedia.en

Penulis            : Sibakhul Milad Malik

Edito               : Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.