Community College Initiative Program – AMINEF Schoolarship 2022 Dibuka. Cek Persyaratan Pendaftarannya!

 

CCIP atau Community College Initiative Program merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh Amerika Serikat berupa program akademik non-gelar pada bidang studi tertentu. Peserta memiliki kesempatan untuk melakukan magang profesional, mendapatkan layanan pembelajaran, dan kegiatan dengan keterlibatan masyarakat. Program ini bertujuan untuk membangun keterampilan teknis, meningkatkan kemampuan kepemimpinan, serta meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris.

 

Program ini berlangsung selama satu tahun dan setelah program berakhir peserta akan mendapatkan sertifikat akademik sesuai dengan bidang studi yang dipilih. Keahlian dan keterampilan yang sudah didapatkan peserta melalui program tersebut diharapkan dapat digunakan peserta untuk turut berkontribusi dalam membantu pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di negara asal.

 

AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation) akan memberikan kesempatan yang lebih untuk para pelajar terutama di luar kota-kota besar di Indonesia (provinsi luar Pulau Jawa) agar memiliki kesempatan untuk belajar di luar negeri. Bagi putra putri daerah provinsi Papua dan Papua Barat memiliki kesempatan untuk didanai oleh PT Freeport Indonesia setiap tahunnya untuk menerima penghargaan CCI Program.

 

Adapun pilihan bidang studi yang dapat dipilih adalah sebagai berikut: Pertanian, Teknik Terapan, Administrasi dan Manajemen Bisnis, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Teknologi Informasi, Media, Keamanan Publik, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan. Konsentrasi atau jurusan di setiap bidang studi dapat diakses melalui laman resmi www.aminef.or.id.

 

Persyaratan Umum Bagi Peserta Penerima Beasiswa Program CCI Sebagai Berikut:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia.
  2. Memiliki kualitas kepemimpinan dan menunjukkan pengalaman dalam bidang pelayanan masyarakat.
  3. Memiliki komitmen dan telah mempersiapkan diri pada bidang studi yang akan dipilih.
  4. Lancar berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.
  5. Memiliki catatan akademik yang memuaskan.
  6. Memiliki pengalaman belajar di luar negeri yang terbatas atau tidak pernah sama sekali. Peserta yang tidak memiliki pengalaman studi atau melakukan perjalanan ke Amerika Serikat sebelumnya akan lebih diutamakan.
  7. Tidak sedang menerima beasiswa lainnya saat mendaftar beasiswa ini.
  8. Mampu memulai program CCI di Amerika Serikat pada bulan Juli 2022.

 

Setiap peserta yang memenuhi persyaratan CCI yang tercantum tersebut dipersilahkan untuk mendaftar tanpa memandang ras, warna kulit, asal negara, jenis kelamin, usia, agama, letak geografis, status sosial ekonomi, kecacatan (fisik atau mental), orientasi seksual, atau identitas gender. Talenta disabilitas dianjurkan untuk mendaftar karena program CCI didasarkan pada prestasi dan terbuka untuk siapa saja.

 

Adapun Persyaratan Khusus Bagi Penerima Beasiswa Program CCI Sebagi Berikut:

  1. Pendidikan minimal SMA/SMK/Sederajat.
  2. Peserta yang merupakan lulusan D1, D2, D3 atau S1 juga dapat mendaftar selama mendaftar pada bidang studi yang berbeda dengan jurusan yang sebelumnya diambil di perkuliahan serta memiliki pengalaman kerja yang relevan pada bidang studi yang akan diambil.
  3. Bagi peserta yang memiliki gelar Magister (S2), Doktoral (S3) atau saat ini terdaftar sebagai mahasiswa tidak memenuhi syarat untuk mendaftar.
  4. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris dasar, dibuktikan dengan skor TOEFL ITP minimal 480 atau skor IELTS yang setara, disertai dengan kemauan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris.
  5. Saat ini sedang bekerja atau menjalankan usaha pada bidang studi yang akan didaftar (pengalaman kerja di bawah 5 tahun).
  6. Peserta berusia minimal 18 tahun pada tanggal 1 Juli 2022.
  7. Peserta di bidang teknik terapan (applied engineering) harus memiliki kemampuan dasar matematika yang kuat dan perlu mengikuti ujian penempatan matematika.

 

Cakupan Beasiswa yang Akan Didapatkan oleh Peserta Antara Lain:

  1. Program CCI akan menyediakan dana untuk visa J-1.
  2. Tiket pesawat perjalanan pulang pergi Indonesia – Amerika Serikat.
  3. Biaya studi hingga selesai (tuition and mandatory college fees).
  4. Tempat tinggal dan makanan.
  5. Tunjangan untuk buku dan kebutuhan sehari-hari (mencakup incidental expenses).
  6. Tunjangan Kesehatan dan kecelakaan (terbatas sesuai dengan J-visa yang dimiliki).
  7. Berbagai kegiatan pengembangan diri dan professional.

 

Bagi kamu yang ingin mendaftar beasiswa CCIP AMINEF 2022 dapat mendapatkan informasi selengkapnya dengan mengunjungi laman resmi www.aminef.or.id.

 

Sumber berita          : https://www.aminef.or.id/

Jurnalis                      : Alimah Nur Kasanah

Editor                         : Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.