Cargill Global Scholars Program

 

PT Cargill merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produk dan layanan pangan, pertanian, keuangan dan industri di Indonesia. PT Cargill membuka beasiswa bagi mahasiswa yang masih menempuh pendidikannya (S1) di Indonesia. Beasiswa yang diberikan tidak hanya berupa bantuan finansial semasa kuliah, tetapi Cargill juga memberikan kegiatan pendampingan kepada penerima beasiswa untuk mengembangkan potensi kepemimpinannya melalui berbagai kegiatan seminar.

 

Melalui beasiswa Cargill Global Scholars Program, diharapkan mahasiswa dapat memperkaya dan meningkatkan jaringan agar dapat mengembangkan ide serta memberikan kontribusi positif kepada komunitas. Program beasiswa ini merupakan bentuk komitmen dari Cargill dalam upaya meningkatkan standar hidup dan menciptakan masyarakat yang berkualitas dan mapan.

 

Program beasiswa Cargill diberikan untuk 10 mahasiswa yang beruntung dan hanya mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi mitra. Berikut daftar mitra perguruan tinggi beasiswa Cargill Global Scholars Program; IPB (Institut Pertanian Bogor), ITB (Institut Teknologi Bandung) – Jurusan Biologi, ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) – Jurusan Biologi dan Teknik Lingkungan, UB (Universitas Brawijaya), UNDIP (Universitas Diponegoro), UGM (Universitas Gadjah Mada), UNHAS (Universitas Hasanuddin), UNILA (Universitas Lampung), UNS (Universitas Sebelas Maret), UNSRI (Universitas Sriwijaya).

 

Cakupan beasiswa yang akan didapatkan oleh penerima beasiswa meliputi:

  1. Mendapatkan beasiswa senilai $ 2,500 setiap tahun sabagai pendanaan biaya semasa kuliah S1. Beasiswa diberikan selama maksimal 2 tahun.
  2. Mendapatkan program seminar kepemimpinan fully funded selama 3 hari pada tahun pertama program.
  3. Mendapatkan program seminar kepemimpinan global (Global Leadership Seminar) fully funded selama satu minggu yang dilaksanakan pada tahun kedua program. Kegiatan ini akan mempertemukan seluruh penerima Beasiswa Cargill Global Scholars dari berbagai negara peserta.
  4. Mendapatkan mentor atau pembimbing yang merupakan salah satu pemimpin Cargill untuk membantu mahasiswa dalam mencapai target atau rencana akademik maupun professional melalui pengmebangan jaringan. Pendampingan berupa pertemuan tatap muka maupun komunikasi melalui email dan telpon.
  5. Mendapatkan benefit berupa menjadi anggota komunitas Alumni Cargill Global Scholars.

 

Adapun persyaratan untuk mendaftar program beasiswa adalah sebagai berikut:

  1. Merupakan warga negara Indonesia
  2. Terdaftar sebagai mahasiswa S1 pada salah satu perguruan tinggi mitra Cargill
  3. Merupakan mahasiswa aktif tahun kedua (Angkatan 2020) pada salah satu jurusan adalah; Biologi, Kedokteran hewan, Perikanan dan yang relevan, Pertanian dan yang relevan, Peternakan dan yang relevan, Teknik Lingkungan, Terknologi Pertanian dan yang relevan. Jurusan khusus untuk mahasiswa UNHAS, UNILA, dan UNSRI; Akuntansi, Ilmu Komputer, Manajemen Bisnis, Teknik (semua jurusan Teknik)
  4. Memiliki prestasi akademik dengan bukti IPK minimal 3.0 dari skala 4.0 pada semester 1-3.
  5. Mengikuti berbagai kegiatan sosial dan kemahasiswaan serta menunjukkan potensi kepemimpinan.
  6. Merupakan mahasiwa yang mebutuhkan bantuan keuangan.

 

Beberapa persyaratan dokumen yang dibutuhkan antara lain:

  1. Dua esai yang sesuai dengan ketentuan dalam formulir pendaftaran
  2. Transkip nilai seluruh mata kuliah selama 3 semester
  3. Daftar nilai saat SMA/Sederajat (tertera di belakang ijazah)
  4. Dua surat referensi, dari dosen pembimbing akademik atau dosen lainnya
  5. Resume/CV
  6. Sertifikat penghargaan dan sejenisnya (opsional)

 

Batas maksimal pendaftaran sampai dengan tanggal 20 Mei 2022 pada pukul 23.59 WIB. Pelamar yang terpilih akan diwawancara pada minggu kedua bulan Agustus 2022. Hasil seleksi beasiswa akan diumumkan pada bulan September 2022.

 

Bagi kalian mahasiswa aktif di tahun kedua yang tertarik untuk mengikuti program beasiswa Cargill Global Scholars dapat mengunjungi situs resmi Cargill untuk informasi selengkapnya di www.cargillglobalscholars.com

 

Sumber berita          : https://www.cargillglobalscholars.com/scholarship/

Journalist                  : Alimah Nur Kasanah

Editor                         : Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.