Cara Kerja QS World University Rankings Tentukan Rangking Universitas Terbaik Dunia

Pernahkah kalian berfikir dan mengamati ketika kalian mengetik universitas terbaik di dunia pasti yang keluar adalah MIT, Stanford, Harvard, Cambridge dan Universitas besar di dunia yang namanya sudah terkenal. Lalu, bagaimana cara menentukan universitas tersebut menjadi jajaran universitas terbaik di dunia? Apakah hanya ngasal saja atau hanya pendapat para ahli atau melalui survey? Yuk simak penjelasan singkat di bawah ini!

Sebenarnya penentuan universitas-universitas terbaik tersebut tergantung bagaimana badan penyurveinya. Salah satu yang sangat terkenal adalah QS World University Ranking (QS WUR). QS World University Rankings adalah publikasi tahunan peringkat universitas yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS). Untuk menentukan kualitas dan rangking sebuah universtas, biasanya mereka melihat beberapa aspek dan menyurvei lebih dari 100.000 orang dari mulai kalangan akademik, praktisi dan orang-orang yang berkecimpung di dunia pendidikan tinggi. Adapun beberapa aspek yang mereka nilai meliputi kualitas mahasiswa, jumlah mahasiswa dan rasio mahasiswa asing, pengajaran, kualitas dosen, kualitas hasil kerja mahasiswa berupa publikasi dan sitasi yang digunakan dan tanggapan para pegawai di universitas tersebut.

Hal tersebut bisa dimisalkan seperti demikian. Jika Universitas A memiliki jumlah mahasiswa asing yang banyak, kualitas karya mahasiswanya bisa terpublikasi di beberapa jurnal internasional dengan sitasi yang terpercaya, lalu kualitas dan kinerja dosen yang selaras dengan mahasiswa, para pekerja dan angka lulusan yang memberikan dampak baik. Maka, universitas tersebut bisa saja masuk dalam 100 besar QS World University Ranking untuk update terbaru. Untuk detailnya bisa dilihat ditabel berikut

Figure 2 doc. wikipedia

Dengan kategori itulah, QS WUR melakukan penilaian setiap tahunnya dan hasil peringkatnya pun bisa diketahui sebagai bahan pertimbangan memilih kampus di luar negeri. Dengan kualitasnya yang terbaik itulah, maka tidak mengherankan jika banyak pelajar memiliki keinginan besar untuk berkuliah di kampus tersebut. Di dunia nyata, MIT atau Massachusetts Institute of Technology selalu menududuki urutan pertama sejak tahun 2012 diikuti oleh Oxford dan Havard University. Berikut adalah daftar 10 universitas terbaik di dunia menurut QS World University Ranking pada tahun 2022.

Figure 3 Top 10 Best University based on QS WUR

Dari hasil penilaian tersebut bisa menjadi pertimbangan para pencari beasiswa untuk memutuskan kampus mana yang ingin dituju. Oleh karena itu, di setiap tahunnya lembaga pemeringkatan perguruan tinggi internasional akan melakukan penilaian pada puluhan ribu institusi pendidikan yang ada di seluruh dunia. Siapkah kalian untuk berkuliah di Top 10 Best University in The World? Yuk berdoa dan berusaha pasti bisa!

Source:

https://en.wikipedia.org/wiki/QS_World_University_RankingsĀ 

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.